Diperkirakan perbaikan tranmisi tersebut menghabiskan waktu sekitar satu minggu dan selama satu minggu itu pula suplay tidak bisa penuh sehinga perlu pemadaman bergilir.
Pemadaman tidak hanya diberlakukan bagi pelanggan rumah tangga tapi pelanggan premium seperti perusahan-perusahaan, pabrik dan pelangan VIP seperti Lapas, rumah sakit rumah sakit serta kantor pemerintahan.
Mengkonfirmasi hal ini, PT PLN (Persero) saat itu juga mengerahkan puluhan petugas di lokasi gangguan dan melakukan perbaikan dan pemulihan sistem kelistrikan. Penelusuran sementara, dilaporkan adanya beberapa tower 150kV yang terdampak cuaca buruk dan angin kencang, sehingga pasokan terganggu.
Atas kejadian kabar ini, kebutuhan listrik di Pulau Bangka mengalami defisit sebesar 29,98 MW, sehingga PLN Babel melakukan manajemen beban untuk kebutuhan pelanggan yang akan dilakukan estimasi sekitar 10 hari kedepan. Saat ini petugas PLN di lapangan terus berusaha untuk melakukan pemulihan.
Editor : Muri Setiawan