get app
inews
Aa Read Next : Triwulan I 2024, Pertumbuhan Ekonomi Babel Melambat Dibanding Capaian Triwulan I 2023

Ekonomi Babel di Triwulan III 2023 Tumbuh 4,01 Persen

Senin, 06 November 2023 | 19:08 WIB
header img
BI Babel mencatat kondisi ekonomi Babel di Triwulan III 2023 tumbuh 4,01 persen. Foto: ilustrasi BI/ iNews.id.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Bangka Belitung tumbuh 4,01% (yoy), lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,13% (yoy). Menurut Lapangan Usaha (LU), sumber pertumbuhan ekonomi didorong oleh Industri Pengolahan, Konstruksi, dan Perdagangan.

Sementara itu, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Babel utamanya didorong oleh konsumsi rumah tangga dan investasi. 

Sebagian besar LU menunjukkan kinerja positif, terutama LU Industri Pengolahan, LU Konstruksi, dan LU Perdagangan. LU Industri Pengolahan tumbuh 1,46% (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 0,93% (yoy).

Kinerja industri pengolahan utamanya ditopang oleh sub-kategori industri makanam dan minuman, terutama minyak kelapa sawit (CPO) dan turunannya yang mengalami peningkatan produksi. Namun demikian, penurunan ekspor logam timah menahan laju pertumbuhan industri pengolahan lebih lanjut.

"Sementara itu, LU Konstruksi tumbuh signifikan yaitu 13,90% (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 8,04% (yoy). Kinerja konstruksi didorong oleh meningkatnya pembangunan infrastruktur dan sarana fisik di wilayah Babel. Adapun LU Perdagangan tumbuh 1,31% (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang terkontraksi 1,41% (yoy). Kinerja perdagangan disebabkan oleh meningkatnya volume barang yang diperdagangkan seiring dengan maraknya ritel modern dan lokal di Babel," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Babel, yang disampaikan oleh Asisten Direktur, Agus Taufik, Senin (6/11/2023).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut