get app
inews
Aa Read Next : Gencatan Senjata Israel - Hamas, Ini Detailnya

Senator AS: Gaza Butuh Jeda Kemanusiaan Sekarang Juga

Sabtu, 04 November 2023 | 14:01 WIB
header img
Senator AS, Bernie Sanders. Foto: twitter/ @ Colm Downes/ theguardian.com.

VERMONT, Lintasbabel.iNews.id - Senator senior Amerika Serikat (AS) Bernie Sanders mendesak agar Kongres dan pemerintah AS mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan pemberlakuan jeda kemanusiaan di Jalur Gaza dan Tepi Barat sekarang juga.

Dilansir dari media terkemuka, The Guardian, politikus keturunan Yahudi Amerika yang mewakili negara bagian Vermont ini menyebutkan bahwa jeda kemanusian perlu diberlakukan sekarang juga untuk menyelamatkan nyawa anak-anak Palestina yang tidak berdosa.

"Gaza membutuhkan jeda kemanusiaan. Maka kita memerlukan visi tentang ke mana kita akan pergi setelah ini Situasi di Gaza adalah sebuah bencana. Kongres harus mengambil tindakan. Pemerintah harus mengambil tindakan. Dunia harus mengambil tindakan. Saat ini, tiga minggu setelah serangan biadab Hamas terhadap warga sipil di Israel, yang mengawali perang ini, ratusan ribu pria, wanita, dan anak-anak tak berdosa di Gaza menghadapi bencana. Selama tiga minggu terakhir, diperkirakan sekitar 8.000 orang tewas dalam pemboman – termasuk lebih dari 3.000 anak-anak – dan lebih banyak lagi yang terluka. Lebih dari satu juta orang di Gaza terpaksa mengungsi dari rumah mereka dan sekitar 670.000 orang berlindung di instalasi PBB, di mana mereka hanya mendapat satu liter air per orang, per hari. Orang-orang ini kekurangan makanan, air, persediaan medis dan bahan bakar. Rumah sakit dan fasilitas medis berada dalam kondisi yang mengerikan, dengan ratusan bayi di inkubator dan pasien yang memerlukan alat bantu hidup berisiko meninggal, jika generator yang menopang mereka kehabisan bahan bakar. Koridor dipenuhi orang-orang yang terluka dan terpaksa mengungsi, dan dokter yang kewalahan harus menolak pasien atau melakukan operasi tanpa anestesi atau antibiotik."kata tokoh independen yang paling lama menjabat sebagai Senator AS ini.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut