get app
inews
Aa Read Next : Dukung Kemajuan Olahraga Renang, Lanal Babel Gelar Fun Swimming Competition

Keren, Letda Salma Sang Superwoman Pemilik Segudang Prestasi Renang

Rabu, 14 Juli 2021 | 15:06 WIB
header img
Letda Laut Salma Amalia Zakaria, Superwoman TNI AL. Foto: Dispenal.

JAKARTA, lintasbabel.id - TNI Angkatan Laut yang sangat identik dengan kaum laki-laki, ternyata mampu melahirkan sosok lain dari kaum perempuan yang juga berprestasi. 

Letda Laut Salma Amalia Zakaria menjadi salah satu lulusan Taruni AAL angkatan ke-66, yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gadis kelahiran Bogor, Januari 1999 adalah puteri kedua dari tiga bersaudara pasangan (Alm) H. Zakaria dan Indah Setianingsih. Perempuan muda lulusan SMAN 48 Jakarta ini punya hobi berenang.

Letda Salma layak menyandang predikat sebagai superwoman, karena segudang prestasi di berbagai cabang olahraga, terutama renang. Dia memperoleh 15 medali sepanjang karier pendidikannya di Akademi Angkatan Laut (AAL). 

Adapun 10 diantaranya merupakan juara pertama. Kompetisi yang diikutinya pun bukan sembarang ajang olahraga. Salah satunya, dia menjadi juara pertama pada International Nautical Competition yang dilaksanakan di Karachi, Pakistan pada 2020 lalu.

Selain itu, prestasi lain yang diperoleh oleh Letda Salma didapat pada kompetisi Pekan Olahraga TNI AL (Poral) 2018 pada cabang renang gaya dada 100 meter dan renang estafet gaya bebas 4x100 meter. 

Pada Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Piktar) 2019, Letda Salma menyabet empat juara pertama sekaligus pada cabang renang gaya dada 100 meter, renang estafet gaya bebas 4x100 meter, renang gaya dada 50 meter, serta military pentathlon. 

Prestasi lain yang juga diraih oleh Letda Salma yaitu Bintang Trisakti Wiratama Perak, Dira Trengginas Emas dan Perak karena kesemaptaannya. Dia juga memperoleh Ati Tanggon Emas karena kepribadiannya, Ati Tanggap Perak dan Perunggu karena prestasinya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut