get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

Hari Jadi Kota Toboali Resmi Ditetapkan, Jadi Kota Tertua di Bangka Belitung

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 18:55 WIB
header img
Benteng Toboali yang menjadi salah jejak sejarah di kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Wiwin Suseno.

BANGKA SELATAN, Lintasbabel.iNews.id - Hari jadi Kota Toboali yang merupakan ibu kota Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (babel) akhirnya resmi ditetapkan pada tanggal 25 Oktober 1708. Dengan demikian, Kota Toboali saat ini sudah berusia 315 tahun dan menjadi kota tertua di Provinsi Kepulauan Babel.

Penetapan hari jadi Kota Toboali itu, sebelumnya sudah melalui proses yang cukup panjang dengan menggali informasi dari berbagai sumber sejarah.

Penetapan hari jadi ke-315 tahun Kota Toboali tersebut, langsung diperingati pertama kalinya melalui sidang Paripurna DPRD Bangka Selatan pada 25 Oktober 2023.

Ketua DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi mengatakan, Raperda penetapan hari jadi Kota Toboali sudah ditetapkan menjadi Perda.

"DPRD Bangka Selatan memberikan apresiasi atas perjuangan seluruh pihak terkait dalam menggali informasi dari berbagai sumber sejarah sehingga hari jadi Kota Toboali resmi ditetapkan," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut