get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Jelang Imlek, Umat Konghucu di Pangkalpinang Bersih-bersih Patung

Rabu, 26 Januari 2022 | 19:10 WIB
header img
Pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang, membersihkan patung Dewa, jelang Imlek 2573 Kongzili. (Foto : lintasbabel.id/ Haryanto)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Sejumlah pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), gelar bersih-bersih patung dewa-dewi, Rabu (26/1/2022). Itu dilakukan, guna menyambut tahun baru Imek 2573 Kongzili yang jatuh tepat 1 Februari 2022.

Kegiatan wajib tersebut, dilakukan secara gotong royong sebagai wujud kebersamaan dan suka cita dalam menyambut hari yang paling dinanti warga Tionghoa diseluruh dunia.

"Ini kegiatan wajib setiap tahun selalu kami lakukan. Mereka kan pelindung kita, kalau dibiarkan belepotan kan gak sampai hati lihatnya, jadi dibersihkan biar rapi," kata salah satu pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau, Taufik Salim.

Patung-patung dibersihkan dengan sangat hati-hati menggunakan sebuah kain yang lebih dulu dibasahi dengan air, bercampur daun macau. Selain itu, kuas juga digunakan untuk membersihkan bagian sisi yang tidak terjangkau kain.

Sedianya, perayaan menyambut tahun macam air ini, digelar secara meriah. Namun kali ini, karena suasana masih pandemi Covid-19, perayaan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Saya kira perayaan tahun baru Imlek kali ini tidak semeriah seperti tahun lalu, karena situasi belum memungkinkan. Kami imbau tetap patuhi prokes. Atraksi barongsai yang biasanya kami gelar mungkin tahun ini tidak ada," ujar Taufik.

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut