get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Lomba Bertutur Tumbuhkan Semangat Membaca Terhadap Karya Budaya

Selasa, 13 Juli 2021 | 19:26 WIB
header img
Wakil gubernur Babel, Abdul Fattah, saat membuka lomba bertutur tingkat provinsi. (Foto : ist)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Bangka Belitung, menggelar lomba bertutur bagi siswa SD/MI tingkat Provinsi. Lomba tersebut guna menumbuhkembangkan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya melalui berbagai bacaan atau buku, Selasa (13/7/2021).

Peserta lomba merupakan pemenang pertama di tingkat kabupaten/kota, yang diikuti oleh enam peserta. Empat peserta hadir secara langsung, sementara dua peserta lain mengikuti kegiatan secara daring yaitu peserta dari Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mengatakan, kegiatan ini dapat membangun dan mencerdaskan Bangsa Indonesia, terutama masyarakat Bangka Belitung sejak usia dini.

“Para peserta lomba yang masih berusia 11 tahunan ini, maka di tahun 2030 sudah termasuk penduduk usia produktif. Sesuai dengan arahan kebijakan kependudukan yaitu usia 15-64 tahun, artinya anak-anak inilah yang akan menjadi penopang penyelenggaraan pemerintahan yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Saat ini pemerintah menggariskan sebuah kebijakan agar dapat melahirkan dan membangun sumber daya manusia yang memiliki kompetensi. Selain itu, dikatakan Wagub Abdul Fatah, lomba bertutur ini dapat membentuk jiwa dan semangat para siswa untuk kemasyarakatan.

“Perpustakaan ini merupakan kunci dalam membuka jendela dunia untuk membuka wawasan dalam menghadapi tantangan di masa depan,” kata wagub.

Dirinya pun menegaskan kepada para calon penerus bangsa, dengan membekali diri menggunakan berbagai informasi, teknologi, ilmu pengetahuan, dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka akan menggenggam kesuksesan yang dapat berguna bagi nusa dan bangsa.

 

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut