get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Profil Prof. Mahfud MD, Bakal Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

Rabu, 18 Oktober 2023 | 13:50 WIB
header img
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bacawapres. Foto: Twitter/ @mohmahfudmd.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Mahfud MD baru saja resmi ditunjuk sebagai bakal calon wakil presiden yang diusung koalisi PDI-P, PPP, Hanura, dan Perindo. Saat ini pria kelahiran Sampang, Madura, 13 Mei 1957 ini masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukkam) RI, dan menjadi orang sipil pertama yang memegang jabatan ini.

Terlahir dengan nama Mohammad Mahfud Mahmodin, dari pasangan H. Mahmodin dan Hj Siti Khadijah. Sejak usia muda, Mahfud MD sudah aktif diberbagai organisasi, diantaranya Pelajar Islam Indonesia (PII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Keluarga Alumni HMI (KAHMI), Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU), Keluarga Alumni Univ. Islam Indonesia, dan sebagainya.

Mahfud MD mulai masuk lingkaran pemerintah sejak ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan Indonesia ke-21 oleh Presiden Abdurrahman Wahid (26 Agustus 2000 - 21 Juli 2001). Selanjutnya suami dari mendiang  Hj. Zaizatoen Nihajati ini dipercaya sebagai Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham), jabatan yang dipegangnya hanya selama 4 hari, menyusul pemakzulan yang dialami presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut