get app
inews
Aa Read Next : 6 Kebijakan Pertahanan Negara versi Menhan Prabowo, Buka Peluang Sipil Dipersenjatai

Bedah Buku Politik Pertahanan, Menggali Visi Strategis Menhan Prabowo

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 14:32 WIB
header img
Penulis buku Politik Pertahanan sekaligus juru bicara Kementerian Pertahanan RI, Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.idRosman Djohan Institute menggelar kegiatan bedah buku yang berjudul Politik Pertahanan, Senin (9/10/2023). Kegiatan yang berlangsung di Gale-gale Resto Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ini, selain dihadiri langsung oleh sang penulis buku yang juga merupakan juru bicara Kementerian Pertahanan RI, Dahnil Anzar Simanjuntak, juga dihadiri Karo Humas Kemenhan RI, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha dan Founder Rosman Djohan Institute, Erzaldi Rosman Djohan.

Diungkapkan Dahnil, dirinya menulis buku Politik Pertahanan sebagai bentuk upaya untuk mempertemukan dunia militer dengan sipil. Hal ini dilakukan mengingat pertahanan negara bukan semata-mata tanggungjawab militer saja, sehingga masyarakat sipil juga perlu memahami konsepsi pertahanan karena masyarakat sipil juga merupakan komponen dari sistem pertahanan rakyat semesta atau Sishankamrata.

“Saya berusaha mempertemukan antara dunia militer dengan sipil. Ini mungkin maksud pak Prabowo ketika mengangkat saya menjadi juru bicara Menteri Pertahanan. Supaya kemudian bisa menterjemahkan konsepsi-konsepsi militer dan pertahanan itu relative lebih mudah dipahami. Kan selama ini diksi, pemahaman, filosofi pertahanan itu sulit dipahami oleh warga awam, sipil. Maka dia membutuhkan cara penyampaian yang benar, kemudian yang sederhana,dan itu disampaikan oleh orang sipil itu sendiri,” kata Dahnil Anzar Simanjuntak.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut