get app
inews
Aa Read Next : Jual Minol Tanpa Izin, Kafe Resto di Belitung Timur Dirazia : 16 Pekerja Belum Lengkapi Adminduk

Pelaku IKM di Belitung Timur dapat Peralatan Pembuat Kerupuk

Jum'at, 29 September 2023 | 13:43 WIB
header img
Pemkab Beltim menyerahkan bantuan mesin dan peralatan sentra keripik/ kerupuk bagi pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Desa Baru Kecamatan Manggar. Foto: Istimewa.

BELITUNG TIMUR, Lintasbabel.iNews.id – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) membagikan bantuan mesin dan peralatan sentra keripik/ kerupuk bagi pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Desa Baru Kecamatan Manggar, Selasa (26/9/2023).

Bantuan yang berasal dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik tahun 2023 sebesar Rp489 juta ini diberikan bagi 20 pelaku IKM. Jika dirupiahkan, masing-masing IKM menerima sekitar Rp20 juta lebih.

Bantuan tersebut berupa mesin giling ikan, mesin pemotong kerupuk semi otomatis, mesin pengaduk adonan dan mesin frezer. Setiap pelaku IKM menerima tiga hingga empat mesin, tergantung kebutuhan.

Plt. Kepala DMPTSPP Kabupaten Beltim, Harli Agusta mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan Penyusanan dan Evaluasi Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota, sub kegiatan koordinasi, sinkronisasi dan pelaksanaan pemberdayaan industri dan peran serta masyarakat.

“Kita memang ingin membangun kawasan industri kecil rumahan sentra krupuk/ kripik. Mereka ini kan sudah lama berkecimpung menjadi pelaku IKM, malah ada yang sudah belasan tahun,” ungkap Kecang sapaan akrab Harli Agusta.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut