get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Gawat! Sumber Air Baku PAM di Bangka Barat Sudah Kering

Senin, 18 September 2023 | 18:28 WIB
header img
Kondisi sumber air baku Perumdam Argo Tirto Bangka Barat. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Sejiran Setason (Perumdam TSS), Najamuddin menyampaikan ketersediaan air bersih di wilayah Kecamatan Mentok dan sekitarnya cukup mengkhawatirkan.


Kondisi sumber air baku Perumdam Argo Tirto Bangka Barat. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.
 

Namun, berbeda dengan yang terjadi di wilayah Parittiga dan Tempilang. ketersediaan air bersih untuk sambungan pelanggan rumah masih cukup memadai, setidaknya hingga November 2023 mendatang. 

"Ketersediaan air bersih kami anggap cukup sampai Oktober atau November di Parittiga dan Tempilang. Yang jadi permasalahan saat ini hanya di Mentok, sebab sejumlah sumber air baku mengalami penyusutan," kata Najamuddin, Senin (18/9/2023). 

Najamuddin menambahkan, sumber air baku di wilayah Mentok yang mengalami penyusutan itu diantaranya Kolong Argo Tirto di bawah kaki Bukit Menumbing. Kolong Menjelang 1 dan 2 serta yang baru-baru ini terjadi yaitu Sungai Puput I. 

"Itu mengalami penyusutan yang sangat drastis, kolong argo tirto itu sangat tipis bahkan sudah kering. Walaupun kami sudah melakukan tindakan suplesi dari kolong sekitar. Tapi masih bisa kita operasikan walaupun waktunya sedikit," katanya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut