get app
inews
Aa Read Next : Muslim Wajib Tahu! Ini Larangan bagi Orang yang Ingin Berkurban, Lengkap dengan Dalilnya

Berkurban Tanda Syukur Pada Sang Khaliq

Jum'at, 09 Juli 2021 | 19:30 WIB
header img
Gubernur Babel Erzaldi Rosman menjadi khatib Shalat Jumat di Masjid Agung Sungailiat. Foto: Humas Pemprov.

BANGKA, lintasbabel.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan kegiatan Safari Jumat di Masjid Agung Sungailiat, sekaligus menjadi khatib Jumat di masjid tersebut, Jumat (9/7/2021). Dari mimbar khotbah, gubernur mengajak para jemaah salat Jumat agar memperkuat iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Di kesempatan ini gubernur menyampaikan khotbah tentang berkurban, cermin insan bertakwa. Menurutnya, bulan Zulhijah merupakan bulan yang diagungkan, karena terdapat dua peristiwa penting yang mendatangkan hikmah dalam menjalankan hidup manusia. 

"Peristiwa penting di bulan Zulhijah yaitu peristiwa ibadah haji dan peristiwa ibadah kurban yang memiliki korelasi erat perspektif kehidupan era milenial," ujar gubernur. 

Kurban, katanya, merupakan cermin ketakwaan manusia. Karena di dalam melaksanakan ibadah kurban terdapat nilai-nilai kemanusiaan dan solidaritas yang tidak hanya terpaut dalam urusan hablumminallah (hubungan baik dengan Allah), melainkan juga memiliki ikatan urusan hablumminannas (hubungan dengan manusia). 

Seperti yang terdapat dalam Al Qur'an surat Al-Hajj ayat 37, yang artinya "Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridaan Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya."

"Berkurban bukanlah semata-mata mengeluarkan harta lalu menyembelih hewan, namun ada ketentuan yang mesti dipenuhi, misalnya dihindari hewan yang cacat yang membuat kurban tidak sah, akan tetapi harus hewan yang sehat," katanya. 

Lebih jauh gubernur mengatakan, dalam ibadah kurban kita diperintahkan untuk belajar sedekah, yaitu membelanjakan harta di jalan Allah. Berkurban bukanlah perkara tentang banyaknya harta, melainkan tentang panggilan hati untuk bersyukur kepada Allah. 

"Allah SWT menjelaskan di dalam Alquran Surat Saba' ayat 39 yang berbunyi wa maa anfaqtum min syai in fa huwa yukhlifuh, wa huwa khairur raziqin. Artinya Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantikannya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya," tutur Gubernur. 

Barang siapa yang banyak bersyukur maka Allah akan membalasnya, hal ini diterangkan dalam Surat Ibrahim ayat 7 yang artinya Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmatku, maka sesungguhnya azabku sangat pedih. 

Sedangkan Nabi Muhammad saw bersabda, sedekah tidaklah mengurangi harta (HR. Muslim no 2588 dari Abu Hurairah). 

Hadis tersebut menurut Erzaldi, menguatkan keyakinan, jika membelanjakan harta di jalan Allah secara hakikat sesungguhnya tidaklah berkurang, melainkan menjadi tabungan pahala yang mendatangkan keberkahan dari Allah SWT.

"Begitulah bahwa berkurban merupakan perbuatan mulia yang mencerminkan kualitas takwa manusia," ucapnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut