get app
inews
Aa Read Next : Cek Ketahanan Pangan Daerah, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Kunjungi Bangka Belitung

Sagu Solusi Pengolahan Lahan Bekas Tambang di Babel, Moeldoko: Banyak Kelebihannya

Kamis, 10 Agustus 2023 | 18:44 WIB
header img
Penandatangan dan Deklarasi Sagu Sebagai Pangan Berkelanjutan dan Pengembangan Hutan Lahan Basah Menyongsong Indonesia Net Zero 2060, yang berlangsung di Kampung Reklamasi, Air Jangkang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Selasa (8/8/2023). Foto: Ist.

Menanggapi hal itu, Pj Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung penanaman sagu yang  dikembangkan di Negeri Serumpun Sebalai.

Menurutnya, rencana penanaman sagu di lahan bekas tambang tersebut, sejalan dengan program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung), yang juga berfokus pada penanaman pohon untuk ketahanan pangan di desa-desa yang ada di Kepulauan Babel.

"Kebetulan Pak. Kami memiliki program yang namanya Gule Kabung. Nah, salah satu rangkaian kegiatannya itu adalah menanam pohon. Jadi, sepertinya penanaman sagu ini bisa sejalan dengan program Gule Kabung," ujar Pj Gubernur Suganda.

Orang nomor satu di Kepulauan Babel itu berharap, melalui kegiatan penandatanganan dan deklarasi tersebut, dapat menjadi awal yang baik, yang membawa Kepulauan Babel menjadi penghasil sagu-sagu berkualitas. Tak hanya di Kabupaten Bangka, tetapi juga daerah lainnya, khususnya di daerah yang banyak lahan bekas tambang timahnya.

"Mudah-mudahan ini menjadi awal kami untuk berkelanjutan menanam sagu. Tidak hanya di sini saja, tapi juga di seluruh wilayah Kepulauan Bangka Belitung," tuturnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut