get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Masyarakat Suku Jerieng Bangka Barat Gelar Tradisi Taber Gunung, Minta Dijauhkan dari Marabahaya

Rabu, 02 Agustus 2023 | 20:00 WIB
header img
Masyarakat Adat Suku Jerieng menggelar tradisi Taber Gunung. Foto: Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Masyarakat adat Suku Jerieng menggelar tradisi sedekah gunung atau biasa disebut dengan taber gunung di Bukit Penyabung, pada Rabu (2/8/2023). 

Tradisi tersebut tepatnya berada di Desa Pelangas, Kecamatan Simpangteritip, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Bangka Belitung (Babel). Ketua Suku Adat Suku Jerieng Janum mengatakan tradisi ini biasanya digelar pada saat 14 hari bulan purnama. 

"Tradisi ini telah digelar oleh keturunan batin gunung yang pertama yaitu Kek Adung. Setelah beliau wafat dilanjutkan Kek Weng sampai tahun 1900 an dan dilanjutkan Kek Fit sampai tahun 1920 an. Setelah itu dilanjutkan Kek Imam sampai tahun 1945," ujar Janum. 

Setelah itu, tradisi tersebut dilanjutkan oleh Kek Pot hingga tahun 1950. Bersambung ke Kek Dramen hingga tahun 1966 dan dilanjutkan oleh Kek Gebel hingga tahun 1998. Kek Gebel sendiri merupakan ayah Janum yang saat ini melanjutkan tradisi tersebut. 

"Saya sebagai generasi kedelapan yang melanjutkan tradisi ini sebagai batin gunung. Di dalam tradisi ini ada tiga proses yang biasa kami laksanakan yaitu pra acara atau persiapan, acara inti atau pemandian gong tua dan taber gunung dan setelah acara yaitu hiburan," katanya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut