get app
inews
Aa Read Next : Pawai Obor Meriahkan Tahun Baru Islam 1445 H di Pangkalpinang

Apa Makna Malam 1 Suro bagi Orang Jawa?

Selasa, 18 Juli 2023 | 20:48 WIB
header img
Prosesi kebo bule sebelum diarak dalam Kirab Malam 1 Suro di Solo. Foto: doc. Ahmad Antoni.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Apa arti malam 1 Suro bagi orang Jawa? Bulan Suro dalam penanggalan kalender Jawa, merupakan bulan awal dalam tahun baru. Masyarakat Jawa biasanya merayakan tradisi malam 1 Suro yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram

Bagi masyarakat Jawa, malam 1 Suro merupakan malam yang sakral. Akan ada berbagai macam kegiatan dengan makna yang berbeda-beda yang diselenggarakan di setiap daerah oleh masyarakat Jawa. 

Perayaan malam 1 Suro, tidak terlepas dari budaya Keraton. Malam 1 Suro dianggap merupakan malam yang suci dan penuh dengan rahmat.

Beberapa orang Jawa Islam mempercayai bahwa malam 1 Suro adalah malam dimana setiap individu bisa mendekatkan diri kepada Tuhan agar membersihkan dirinya dari dari hawa nafsu manusiawi.

Oleh karena itu, masyarakat Jawa biasanya melaksanakan upacara tirakat, lelaku, dan penenangan diri. Tak hanya itu, biasanya juga akan ada aktivitas kelompok yang dilakukan secara bersama-sama seperti melakukan slametan khusus sepanjang 1 minggu.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut