get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa PWK UBB Gelar Bakti Sosial, Sosialisasi Etika dan Moral di Panti Asuhan Aisyiyah

Kuliah Kerja Nyata atau Kita Ketiban Nahas

Senin, 26 Juni 2023 | 21:18 WIB
header img
KKN di Bangka Selatan, Mahasiswa IAIN SAS Babel bagi-bagi sembako. Foto: istimewa.

KULIAH kerja nyata (KKN) merupakan suatu program wajib bagi perguruan tinggi yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh pendidikan tinggi, dan diikuti oleh seluruh mahasiswa akhir sebelum menyelesaikan program sarjana, serta wujud dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kuliah kerja nyata atau disingkat KKN, berorientasi pada kegiatan lapangan bagi mahasiswa yang merupakan tugas akhir dalam mengimplemtasikan teori yang didapatkan selama mengikuti program pendidikan sarjana Strata Satu (S-1).

Program yang bersifat wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasisawa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Bangka Belitung (Babel), mengingat pentingnya program ini Civitas Akademika mempercayai bahwa melalui hal tersebut, mampu mendorong empati mahasiswa dan dapat memberikan sumbangsi dalam menjawab persoalan yang ada di masyarakat.

Dalam Teori Psikologi, pendidikan merupakan aspek tingkah laku individu sehingga dapat diartikan bahwa pendidikan ditujukan sebagai pengembangan kapasitas individu secara optimal serta memiliki hubungan fungsional dalam membantu terjadinya proses transformasi.

Sebagaimana yang dimaksudkan pada teori ini guna mewujudkan visi dari IAIN SAS BABEL yang menyebutkan bahwa “unggul, religius dan profesional” penting adanya proses pembinaan tingkah laku melalui kegiatan KKN.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut