get app
inews
Aa Read Next : Erzaldi Ingatkan Jangan Dzalim

Mengapa Sholat Jumat Hanya Diwajibkan Bagi Laki-Laki Muslim? Begini Penjelasannya

Jum'at, 23 Juni 2023 | 17:03 WIB
header img
Mengapa sholat Jumat hanya diwajibkan bagi laki-laki muslim? Inilah penjelasannya. Foto: Ilustrasi/ Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Mengapa sholat Jumat hanya diwajibkan bagi laki-laki muslim? Pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh umat muslim.

Dikutip dari buku Superberkah Shalat Jumat karya Firdaus Wajdi dan Lutfi Arif, kriteria yang wajib melaksanakan sholat Jumat adalah laki-laki Muslim. Hal ini sesuai hadits riwayat Abu Dawud.

Dari Thariq bin Syihab, Rasulullah SAW bersabda, "Sholat Jumat itu dilaksanakan secara berjamaah dan wajib hukumnya bagi seorang Muslim, selain hamba sahaya, perempuan, anak-anak, atau orang yang sakit".

Selain itu, dalam hadits riwayat Abu Dawud, dari Ibnu Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda "Jangan lah kalian mencegah para perempuan (yang berada dalam tanggung jawab) kalian untuk pergi ke masjid, tapi (sholat) di rumah-rumah mereka itu lebih baik bagi mereka".

Salah satu alasan mengapa perempuan tidak diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat, adalah karena sholat ini dilaksanakan berjamaah di masjid, sehingga dikhawatirkan memunculkan fitnah antara laki-laki dan perempuan yang berjumlah banyak dan berkumpul di satu tempat.

Itulah tadi alasan mengapa sholat Jumat hanya diwajibkan bagi laki-laki. 

Wallahu'alam

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut