get app
inews
Aa Read Next : Senyawa Garam (Pengertian, Jenis, dan Contohnya)

Larutan Garam : Pengertian, Ciri, dan Sifat, Lengkap dengan Contohnya

Jum'at, 09 Juni 2023 | 17:36 WIB
header img
Senyawa Natrium Klorida atau lebih dikenal dengan garam. Kenali pengertian larutan garam, beserta ciri, sifat dan contohnya di artikel berikut ini. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Larutan garam, pengertian, ciri, dan sifat lengkap dengan contohnya, bisa kamu simak di dalam artikel kali ini. Karena itu, simak sampai selesai, ya!

Garam adalah senyawa ionik yang terdiri dariion positif (kation) dan ion negatif (anion), yang akan membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam ini merupakan sebuah reaksi asam dan basa.

Pengertian Larutan Garam

Larutan Garam adalah larutan yang didapat dari hasil reaksi asam dan basa. Garam merupakan suatu senyawa yang terbentuk jika hidrogen dari suatu asam diganti oleh suatu logam. 

Garam dinamakan menurut logam dan asam yang membentuknya. Jika larut, garam membentuk ion di dalam larutan, satu kation dari logam dan satu anion dari asam.

Ciri Larutan Garam

Adapun ciri-ciri dari larutan garam adalah terjadinya perubahan warna pada kertas lakrpus. Perubahan warna ini menunjukkan nilai pH tertentu suatu larutan garam.

Selain itu, larutan garam juga memiliki ciri apabila larutan asam dengan larutan basa direaksikan, maka ion H+ (dari asam) akan bereaksi dengan ion OH- (dari basa) membentuk air. Reaksi ini disebut reaksi penetralan (netralisasi), jika jumlah zat asam sama dengan jumlah zat basa.

Larutan garam bersifat asam bila terbentuk dari asam kuat dan basa lemah, kemudian bersifat basa bila terbentuk dari asam lemah dan basa kuat.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut