get app
inews
Aa Read Next : Korda IJTI Bangka Selatan Resmi Dibentuk, Wiwin Suseno jadi Nahkoda

Profil Harmoko, Berawal dari Seorang Jurnalis

Minggu, 04 Juli 2021 | 22:17 WIB
header img
Harmoko Menteri Penerangan Era Suharto. Foto ist

JAKARTA, lintasbabel.id - Menteri Penerangan pada era Presiden Soeharto, Harmoko mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Minggu (4/7/2021). Dia ternyata pernah berkerja sebagai jurnalis, dibeberapa media.

Pemilik nama lengkap Harun Muhammad Kohar ini meniti karier sebagai jurnalis dan kartunis di Majalah Merdeka. Kisahnya untuk bisa dekat dengan Soeharto juga dimulai saat dia menjadi jurnalis.

Pada tahun 1964, dia juga pernah bekerja sebagai wartawan di Harian Angkatan Bersenjata. Lalu bekerja di Harian API tahun 1965. Pada saat yang sama, dia juga menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah berbahasa Jawa, Merdiko (1965). 

Pada tahun berikutnya (1966-1968), dia menjadi pemimpin dan penanggung jawab Harian Mimbar Kita. Pada tahun 1970, bersama beberapa orang temannya dia menerbitkan harian Pos Kota.

Pria kelahiran 7 Februai 1939 cukup lekat diingatan masyarakat yang hidup di zaman Orde Baru. Dia sering muncul di TVRI bila Soeharto ingin mengumumkan kebijakannya.

Harmoko merupakan sosok dengan karier yang cemerlang. Dia menjabat sebagai menteri dari tahun 1983 hingga 1997 atau hampir 3 periode.

Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Golkar pada periode 1993-1998. Harmoko juga sempat menjabat sebagai ketua DPR/MPR dari tahun 1997-1999.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut