get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Nomor Atom Unsur-unsur dalam Satu Golongan? Temukan Jawabannya di Sini

Sifat-Sifat Senyawa Ion

Selasa, 16 Mei 2023 | 18:06 WIB
header img
Sifat-sifat Senyawa Ion, bisa kamu simak dalam artikel kal ini. Foto: Ilustrasi/ Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Sifat-sifat senyawa ion, dapat kamu temukan di artikel berikut ini. Senyawa ion adalah salah satu materi dari mata pelajaran kimia.

Senyawa ion adalah senyawa dengan ikatan ion, yang mana ikatan ion merupakan ikatan antara dua atom yang salah satu atomnya melepas elektron, sementara yang lain menerima elektron. 

Ikatan ion ini terjadi antara unsur yang membentuk ion positif (kation) dengan unsur yang membentuk ion negatif (anion). Atom yang membentuk ion positif adalah atom unsur logam, sedangkan atom yang membentuk ion negatif adalah atom unsur non logam.

Garam dapur (NaCl) merupakan senyawa ionik yang paling umum ditemukan di alam, terdiri atas atom natrium (logam) bermuatan positif dan atom klor (non logam) bermuatan negatif. 

Garam dapur sebagai salah satu senyawa ion memiliki titik leleh yang tinggi, yakni 801 derajat Celcius dan berbentuk padatan pada suhu ruang. 

Sifat-Sifat Senyawa Ion

1. Berbentuk Kristal Keras tetapi juga Rapuh

Senyawa ionik membentuk kristal dengan struktur teratur dengan kation dan anionnya yang disusun secara bergantian dan membentuk struktur tiga dimensi. Kristal yang terbentuk dalam senyawa ion ini pada dasarnya bersifat keras, namun dapat dengan mudah hancur saat dikenakan gaya. Gaya tersebut memicu tolakan ion yang sama sehinga menyebabkan kristal pecah.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut