get app
inews
Aa Read Next : Bong Ming Ming Tanggapi Kasus Persetubuhan yang Melibatkan Anak di Bawah Umur

5 Fakta Desa Kandovan, Warganya Tinggal di Dalam Batu Mirip Sarang Lebah Usia 700 Tahun

Senin, 15 Mei 2023 | 17:02 WIB
header img
Rumah mirip sarang lebah milik warga Desa Kandovan. Foto: Youtube.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Biasanya rumah-rumah warga dibuat menggunakan material bangunan seperti batako, batu bata, papan, atau semen. Bentuknya pun beragam, ada berbentuk Limas, Joglo, persegi 4, atau minimalis.

Namun, bahan material itu tidak berlaku bagi warga di daerah ini. Mereka membangun rumah kediaman mereka berbentuk sarang lebah. Warga ini tinggal di ujung barat laut Iran.

Sebuah desa kecil yang misterius, dipercaya berasal dari abad ke-13. Desa ini bernama Kandovan, terletak di provinsi Azerbaijan Timur dan dekat dengan kota Tabriz. 

Dilansir dari Heritage Institute, Sabtu (10/7/2021), penduduk desa setempat percaya, Desa Kandovan sudah berusia setidaknya 700 tahun dan dibentuk oleh orang-orang yang melarikan diri dari tentara Mongolia. Usai invasi prajurit Mongolia, orang-orang itu memutuskan untuk menetap di dekat Gunung Sahand karena daerahnya yang indah dan membawa banyak manfaat. 

Berikut Fakta Rumah Lebah Desa Kandowan

1. Rumah Berbentuk Gua

Ternyata rumah yang berbentuk sarang tersebut diakibatkan karena abu vulkanik. Di Kandovan, abu vulkanis dan sisa letusan Gunung Sahand membentuk pilar-pilar berbentuk kerucut yang terbentuk secara alami. 

Pilar-pilar ini memiliki bagian dalam yang kopong dan bagian luar yang keras namun mudah dibentuk, sehingga akhirnya penduduk sekitar memutuskan untuk memanfaatkan gua-gua alami yang ada untuk menjadi tempat tinggal. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut