get app
inews
Aa Read Next : Inter Milan Tersingkir dari Liga Champions dalam Drama Adu Penalti

EURO 2020 : Italia Jumpa Spanyol di Semifinal

Sabtu, 03 Juli 2021 | 13:50 WIB
header img
Italia mengalahkan Belgia 2-1 pada perempat final Euro 2020, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Di semifinal Gli Azzurri akan berhadapan dengan Spanyol. (Foto: Reuters)

MUNICH, lintasbabel.id – Timnas Italia akan bertemu Spanyol di semifinal EURO 2020 usai mengalahkan Belgia 2-1 pada perempat final Euro 2020 di Allianz Arena, Sabtu (3/7/2021) dini hari. Spanyol berhasil melaju ke babak empat besar usai mengandaskan Swiss 3-1 lewat adu penalti. Italia dan Spanyol akan bertemu di Wembley, 7 Juli 2020 dini hari WIB.

Italia sejak awal pertandingan langsung memperlihatkan permainan menekan. Laga baru berjalan 13 menit, Italia sudah mencetak gol pembuka, meski gol Giorgio Chiellini akhirnya dianulir wasit setelah melihat VAR,  dimana Chiellini dan Di Lorenzo berada pada posisi offside.

Pertengahan babak pertama, kedua tim saling serang.  Pemain Italia Nicolo Barella akhirnya menorehkan namanya di papan skor di menit 31. 1-0 untuk Italia. Berawal dari situasi yang rumit di kotak penalti Belgia, Marco Verratti sanggup memberikan umpan kepada Barella yang selanjutnya mampu memberikan gol untuk Italia.

13 menit kemudian, Italia kembali menambah pundi-pundi gol, yang disumbangkan Lorenzo Insigne di menit ke 44. Insigne dapat melepaskan gol indah yang tak dapat diantisipasi oleh kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Menit-menit injury time 45+2, wasit menghadiahi Italia penalti, usai Di Lorenzo dilanggar Doku. Lukaku yang mengeksekusi tendatangan penalti sanggup membuat skor babak pertama berakhir 2-1 untuk keunggulan Italia atas Belgia.

Memasuki babak kedua, Belgia tampil agresif. Sejumlah peluang nyaris berbuah gol. Menit ke 61 Lukaku gagal memasukkan bola lantaran bola mengenai Spinazzola.

Menambah daya gedor, Belgia memasukkan Nacer Chadli di menit 70 menggantikan Thomas Meunier. Sayang, Chadli cidera dan terpaksa ditarik kembali, penggantinya adalah Dennis Praet. Begitupun Italia, Immobile, Spinazzola, Insigne, dan Verratti diganti darah segar oleh sang pelatih Roberto Mancini.

Jelang akhir pertandingan, pertahanan Italia sempat kewalahan meladeni pemain Belgia yang terus menekan. Kokohnya barisan belakang yang dikawal Chiellini dan Bonucci, membuat Italia akhirnya menutup pertandingan dengan skor 2-1.

Susunan Pemain:

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen; Thomas Meunier, Axel Witsel, Youri Tielemans, Thorgan Hazard; Kevin De Bruyne, Jeremy Doku; Romelu Lukaku.

Cadangan: Thomas Kaminski, Matz Sels, Dedryck Boyata, Jason Denayer, Yannick Carrasco, Dries Mertens, Leander Dendoncker, Nacer Chadli, Dennis Praet, Christian Benteke, Michy Batshuayi, Leandro Trossard.

Pelatih: Roberto Martinez.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile.

Cadangan: Salvatore Sirigu, Alex Meret, Emerson, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Rafael Toloi, Manuel Locatelli, Matteo Pessina, Bryan Cristante, Andrea Belotti, Domenico Berardi, Fedrico Bernardeschi.

Pelatih: Roberto Mancini.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut