get app
inews
Aa Read Next : Satresnarkoba Lanjutkan Proses Pria Bawa Sabu di Lapas, Status Mr Tersangka

Bikin Korbannya Terjatuh dari Motor, Inilah 7 TKP Jambret yang Dilakukan Mahasiswa LA di Bangka

Kamis, 04 Mei 2023 | 19:44 WIB
header img
Pelaku jambret menunjukkan salah satu lokasi ketika dirinya melakukan aksinya di hadapan petugas kepolisian. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Jambret yang beraksi di sejumlah jalanan di wilayah kota Sungailiat dan Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, Provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil diringkus Tim Kelambit (Opsnal) Satreskrim Polres Bangka dan Unit Reskrim Polsek Sungailiat. Mirisnya, pelaku ternyata adalah merupakan seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Kabupaten Bangka. 


Penangkapan terhadap pelaku jambret oleh tim gabungan Polres Bangka. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.
 

Pelaku berinisial LA (19) merupakan warga Sungailiat, yang sebelumnya meresahkan warga karena melakukan jambret hingga menyebabkan korban terjatuh dan terluka.

Tim Kelambit yang dipimpin Aipda Hendra Yadi dan Unit Reskrim Polsek Sungailiat, berhasil meringkus pelaku di jalan dekat Kampung Batu Sungailiat, setelah melakukan serangkaian penyelidikan. 

"Benar, pelaku Jambret di sejumlah tempat kejadian perkara (TKP) di Sungailiat dan Pemali telah diamankan Tim Opsnal Satreskrim Polres Bangka dan Unit Reskrim Polsek Sungailiat," kata Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP. Rene Zakharia,.Sik.

Sebelumnya, pelaku telah melakukan aksi jambret dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Aksi yang dilakukan pelaku dengan menggunakan sepeda motor Jupiter MX dan Honda Vario tanpa plat nomor polisi.

Lantas, dimana saja lokasi yang kerap menjadi pelaku dalam melancarkan aksinya tersebut? Berikut ini data yang diperoleh dari Tim Opsnal Satreskrim Polres Bangka dan Unit Reskrim Polsek Sungailiat.

Berikut 7 TKP jambret yang dilakukan oleh pelaku:


Pelaku jambret menunjukkan salah satu tempat dirinya dirinya membuang barang hasil kejahatannya di hadapan petugas kepolisian. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.
 

1. Jalan Sisingamangaraja Desa Air Ruai, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Pelaku dalam melancarkan aksinya, menggunakan Honda Vario berhasil mengambil uang korban Rp1,3juta. Korban pengendara Honda Beat seorang wanita membonceng anak. 

2. Simpang Empat Indomaret Budi Utomo, Kuday Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Di sini, pelaku berhasil mengambil tas milik pengendara Honda Scoopy merah yang dikendarai wanita dan anak. Korban kehilangan uang Rp700 ribu, sedangkan HP dan tas dibuang ke Sri Pemandang Sungailiat. 

3. Jalan Air Pengabis Desa Karya Makmur, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Pelaku memakai sepeda motor Jupiter MX King, menjambret seorang wanita pengendara Yamaha N Max. Korban kehilangan tas berisi uang sekitar Rp200ribu. 

4. Jalan Air Pengabis Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka.

Pelaku LA menggunakan Honda Vario menjambret pengendara wanita Yamaha Mio Soul. Korban kehilangan tas berisi HP dan yang senilai Rp400 ribu. 

5. Pelaku LA menggunakan motor Honda Vario menjambret pengendara motor Honda Scoopy yang dikendarai seorang wanita. Korban terjatuh namun pelaku tidak berhasil mengambil barang korban. 

6. Jalan perkuburan Parit Tujuh, Kuday, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Pelaku memakai Honda Vario melakukan perampasan tas korban seorang mahasiswi bernama Ratna Juwita warga Pemali. Korban sempat terjatuh dan mengalami luka-luka, namun pelaku gagal mengambil barang berharga milik korban. 

7. Jalan Kuday Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Pelaku menggunakan Honda Vario menjambret pengendara Honda Scoopy seorang wanita. Barang yang terambil berupa tas berisi uang sekitar Rp700 ribu dan HP.

Dari pengakuannya, pelaku sudah menjambret sejak Februari 2023 lalu,dimana hasil barang curiannya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan membayar utang judi online.

Kini, polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk detail aksi yang dilakukan pelaku. Sejumlah barang bukti diamankan dari pelaku seperti motor Jupiter MX King warna biru untuk aksi jambret. Diamankan juga sejumlah tas dan Handphone (HP) milik beberapa korban.
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut