get app
inews
Aa Read Next : Satresnarkoba Lanjutkan Proses Pria Bawa Sabu di Lapas, Status Mr Tersangka

Pelaku Jambret Ibu dan Anak Diringkus Polisi, Ternyata Seorang Mahasiswa

Kamis, 04 Mei 2023 | 19:35 WIB
header img
Penangkapan terhadap pelaku jambret oleh tim gabungan Polres Bangka. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Jambret yang beraksi di sejumlah jalanan di wilayah kota Sungailiat dan Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, Provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil diringkus Tim Kelambit (Opsnal) Satreskrim Polres Bangka dan Unit Reskrim Polsek Sungailiat.

Mirisnya, pelaku ternyata adalah merupakan seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Kabupaten Bangka. 


Pelaku jambret menunjukkan salah satu lokasi ketika dirinya melakukan aksinya di hadapan petugas kepolisian. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.
 
 

Pelaku berinisial LA (19) merupakan warga Sungailiat, yang sebelumnya meresahkan warga karena melakukan jambret hingga menyebabkan korban terjatuh dan terluka.

Tim Kelambit yang dipimpin Aipda Hendra Yadi dan Unit Reskrim Polsek Sungailiat, berhasil meringkus pelaku di jalan dekat Kampung Batu Sungailiat, setelah melakukan serangkaian penyelidikan. 

"Benar, pelaku Jambret di sejumlah tempat kejadian perkara (TKP) di Sungailiat dan Pemali telah diamankan Tim Opsnal Satreskrim Polres Bangka dan Unit Reskrim Polsek Sungailiat," kata Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP. Rene Zakharia,.Sik.

Sebelumnya, pelaku telah melakukan aksi jambret dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Aksi yang dilakukan pelaku dengan menggunakan sepeda motor Jupiter MX dan Honda Vario tanpa plat nomor polisi.


Pelaku jambret menunjukkan salah satu tempat dirinya dirinya membuang barang hasil kejahatannya di hadapan petugas kepolisian. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Maulana.
 

Pelaku juga sempat beberapa waktu lalu melakukan pencurian yang dilaporkan ke Polsek Sungailiat, namun berakhir damai dengan korbannya. 

Di hadapan polisi, pelaku mengaku dalam melakukan aksinya dia selalu mengincar pengendara wanita yang menyandang tas di tangan saat berkendaraan. Beberapa korban berhasil diambil barang berharga hingga terjatuh. 

"Ku biase jalan-jalan, ngincer orang yang tas e di tangan," kata mahasiswa semester tiga ini. 

Dari pengakuannya, pelaku sudah menjambret sejak Februari 2023 lalu,dimana hasil barang curiannya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan membayar utang judi online.

Kini, polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk detail aksi yang dilakukan pelaku. Sejumlah barang bukti diamankan dari pelaku seperti motor Jupiter MX King warna biru untuk aksi jambret. Diamankan juga sejumlah tas dan Handphone (HP) milik beberapa korban.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut