get app
inews
Aa Read Next : Rusia Bergejolak, Pasukan Bayaran Wagner Berontak Rebut Rostov dan Voronezh

Waspada Serangan Rusia, 4 Negara ini Bikin Pertahanan Udara Bersama

Senin, 27 Maret 2023 | 00:33 WIB
header img
Para Komandan AU Norwegia, Denmark, Finlandia, dan Swedia Menandatangani Kerjasama Pertahanan Udara Kolektif. Foto: twitter/visegard24.

NORDIC, Lintasbabel.iNews.id - Sifat agresor Rusia membuat negara-negara tetangganya ketar-ketir dan mulai mengantisipasi kemungkinan serangan militer negara adidaya tersebut. Terbaru, 4 negara Nordik alias Skandinavia sepakat membuat pertahanan udara bersama untuk mengimbangi kekuatan Rusia.

4 negara tersebut adalah Finlandia, Swedia, Norwegia, dan Denmark. Kesepakatan kerjasama pertahanan udara kolektif ini ditandatangani oleh 4 Komandan Angkatan Udara masing-masing pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Mereka adalah Komandan AU Norwegia, Mayjen Rolf Folland, Komandan AU Finlandia, Mayjen Juha-Pekka Keranen , Komandan AU Swedia, Mayjen Wikman dan Komandan AU Denmark, Mayjen Jan Dam.

Tidak disebutkan lokasi penandatanganan koalalisi pertahanan udara yang mencakup 4 poin kerjasama yang mencakup :

1. Managemen terpadu, perencanaan dan pelaksanaan operasi udara.

2. Sistem pendukung yang fleksibel dan berkelanjutan.

3. Kesadaran situasional bersama di udara.

4. Latihan bersama dan aktifitas olahraga.

Kerjasama ini akan membentuk sebuah poros kekuatan pertahanan udara yang akan melibatkan sedikitnya 250 pesawat tempur atau setara dengan kekuatan angkatan udara kerajaan Inggris atau Perancis.

Kekuatan ini akan semakin berkembang mengingat dalam beberapa tahun kedepan, Finlandia, Denmark, dan Swedia akan memiliki pesawat tempur F-35 buatan Amerika Serikat, sedangkan Norwegia akan segera diperkuat oleh pesawat tempur Gripen buatan Saab.

“Ini akan menjadi kekuatan besar yang bertindak sebagai pencegah penyerang mana pun dan akan memberikan keamanan penduduk Nordik,” kata Mayor Jenderal Rolf Folland, kepala Angkatan Udara Norwegia, seperti yang dilansir Visegard24.com.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut