get app
inews
Aa Read Next : Tips Ngecas HP di Charging Station

Ciri-Ciri Link Phising, Simak Ulasan Lengkap di Sini agar Tidak Menjadi Korban Berikutnya

Sabtu, 04 Februari 2023 | 19:39 WIB
header img
Phising merupakan praktik pengiriman komunikasi palsu atau fake, yang seakan-akan berasal dari sumber dengan memiliki reputasi baik. Berikut ini tips agar terhindar dari phising. Foto: Net.

4. Whaling

Jenis phising terakhir adalah Whaling. Hampir mirip dengan spear phising, whaling, hanya saja target whaling adalah orang-orang atau individu yang memiliki jabatan tinggi di perusahaan tertentu. 

Modus pelau dengan cara membuat para eksekutif ini kebingungan, karena pelaku mengaku dari lembaga atau institusi kredibel. Dengan beberapa polesan surel dan informasi penting, pelaku bisa dengan mudah mempersulit korban dengan menyatakan perusahaan terkait tengah melanggar konsekuensi hukum dan lain sebagainya.

Setelah mempermainkan korban dengan metode social engineering tersebut, selanjutnya korban akan diarahkan untuk mengklik tautan atau link tertentu. Ujung-ujungnya korban akan terperangkap ke sistem malware pelaku.

Jahatnya jenis phising ini, karena pelaku whaling akan menyasar nomor rekening bank perusahaan, nomor pajak, bahkan nomor rekening bank milik pribadi korbannya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut