Logo Network
Network

Ciri-Ciri Link Phising, Simak Ulasan Lengkap di Sini agar Tidak Menjadi Korban Berikutnya

Muri Setiawan/ Net Lintasbabel.iNews.id
.
Sabtu, 04 Februari 2023 | 19:39 WIB
Ciri-Ciri Link Phising, Simak Ulasan Lengkap di Sini agar Tidak Menjadi Korban Berikutnya
Phising merupakan praktik pengiriman komunikasi palsu atau fake, yang seakan-akan berasal dari sumber dengan memiliki reputasi baik. Berikut ini tips agar terhindar dari phising. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Ciri-ciri link phising menarik untuk diulas, agar kita terlindungi dari ulah oknum tak bertanggung jawab yang ingin mencuri data pribadi di ponsel. Simak ulasannya pada artikel ini sampai selesai, ya!

Phising adalah

Sebelum membahas ciri-ciri link phising, ada baiknya Anda menyimak pengertian dari phising itu sendiri.

Dilansir dari CISCO, phising merupakan praktik pengiriman komunikasi palsu atau fake, yang seakan-akan berasal dari sumber dengan memiliki reputasi baik. Biasanya, phising dilakukan melalui surel (surat elektronik) dengan tujuan untuk mencuri data sensitif seperti kartu kredit, informasi login, atau melakukan instalasi malware di perangkat korbannya.

Phising saat ini sudah dikategorikan sebagai kejahatan atau serangan siber umum, yang dapat memanipulasi orang dengan mengakses beberapa situs atau kontak terpercaya. 

Istilah phising sendiri muncul pada pertengahan tahun 1990-an dengan metode penggunaan surel palsu. Para peretas atau pelaku phising ini mulanya dinamakan sebagai phreaks.

Seperti dilansir dari BINUS, phising berasal dari istilah fishing atau memancing. Relevansi istilah ini ada pada kegiatan memancing korban dengan menjebak dan mencuri informasi penting dari media sosial korban. 

Phising diartikan sebagai scammer berbasis surel yang pada dasarnya merupakan penipuan dengan mengatasnamakan nama korban sendiri.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2 3 4 5 6 7
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.