get app
inews
Aa Read Next : Dukung Filmaker di Bangka Belitung, LSF Dorong Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri

4 Musisi Legendaris yang Sempat Merasakan Dinginnya Dinding Penjara, Nomor 3 Punya Jutaan Fans

Sabtu, 04 Februari 2023 | 19:11 WIB
header img
Koes Plus, yang beranggotakan Tonny Koeswoyo, Yon Koeswoyo, Yok Koeswoyo, Nomo Koeswoyo sempat dipenjara. Foto: net.

2. Koes Plus

 

Musisi legendaris yang juga sempat dipenjara selanjutnya adalah Koes Plus. Anggota grup Koes Plus sempat dipenjara pada tahun 1965, karena mereka dianggap 'wakil' negara barat di Indonesia. Kala itu Koes Plus kerap membawakan lagu The Beatles dan Elvis Presley.  

Pada saat itu kepemerintahan orde lama menganggap grup band yang menyanyikan lagu Barat memberikan dampak buruk bagi generasi muda. Namun, hukuman yang diberikan Koes Bersaudara hanya berjalan tiga bulan saja dan pada tanggal 29 September 1965 personel Koes Plus dibebaskan bersyarat, yakni membantu pemerintah Soekarno untuk mengkampanyekan gerakan Ganyang Malaysia.

Hingga saat ini belum ada pihak yang mampu menjelaskan alasan sebenarnya, dari penangkapan para personel Koes Plus ini. Sejumlah pihak menduga, kalau mereka ditangkap karena terlalu kritis kepada pemerintahan Orde Lama kala itu.

Koes Plus sendiri beranggotakan Tonny Koeswoyo, Yon Koeswoyo, Yok Koeswoyo, Nomo Koeswoyo. Nomo Koeswoyo dan Yok Koeswoyo kemudian keluar dan digantikan dengan Murry dan Totok A.R.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut