get app
inews
Aa Read Next : Sri Wahyuni, Pegiat IKM Disabilitas dari Lubuk Besar Menaruh Inspirasi

Kisah Inspiratif Pemilik Dapur Cokelat, Terus Tumbuh di Usia 20 Tahun

Jum'at, 03 Februari 2023 | 18:24 WIB
header img
Dapur Cokelat, bisnis kuliner yang sudah bertahan hingga 20 tahun. Siapa pemilik usaha pastry ini? Simak ulasannya berikut. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Dapur Cokelat, menarik untuk kita simak kisah inspiratifnya. Apalagi usaha ini masih bertahan dan terus tumbuh hingga kini, padahal usia Dapur Cokelat sudah 20 tahun, lho! 


 

Ermey Trisniarty, adalah sosok utama dibalik kejayaan Dapur Cokelat. 

Wanita kelahiran Jakarta, 2 Mei 1975 ini sudah memulai karier di bisnis coklat sejak tahun 2001 silam. Ide membuat Dapur Cokelat berangkat dari hobi dan kenangan masa kecilnya. 

Anak ketiga dari tujuh bersaudara ini, sejak kecil sudah dibekali ilmu bisnis dan kemandirian. Tantenya yang merupakan seorang penjahit, menjadi inspirasi baginya. Beberapa produk seperti tas rajutan dan gaun, sudah mampu diciptakan Ermey waktu itu. 

Tahun 1994, Ermey memutuskan kuliah di National Hotel Institute (NHI) Bandung, jurusan pastry. 

Ermey mengaku mulai mendalami mata kuliah tentang cokelat di semester kedua, yang membuatnya semakin tertarik untuk belajar. Selain mengerjakan proyek kuliah, Ermey sering menghabiskan waktu luangnya dengan membuat kue coklat di rumah dan di kos.

Karena kecintaannya pada cokelat, Ermey mulai menjual kue cokelat buatannya, meski meminjam uang dari ayahnya. Hebatnya, dia berhasil melunasi pinjaman tersebut hingga bisa membeli handphone terbaru ada saat itu.

Beberapa makanan pencuci mulut terlaris saat itu adalah potongan cokelat isi buah dan cokelat putih dengan potongan ceri.

Berkat dedikasi dan dukungan penuh dari suaminya, Okky Dewanto, Ermey Trisniarty kemudian membuka toko cokelat. Toko pertamanya terletak di Jakarta Selatan bernama Toko Cokelat, hingga kemudian toko ini bernama Dapur Cokelat.

Penciptaan perusahaan ini dimulai dengan visi dan hasrat untuk membuat kue dan kue kering yang luar biasa. Bisnis ini dimulai sebagai bisnis rumahan paruh waktu.

Bertahun-tahun kemudian, Ermey Trisniarty berhasil mengubah bisnis rumahannya menjadi bisnis yang kini mengoperasikan lebih dari 20 toko di beberapa kota besar di seluruh Indonesia. Kantor pusat perusahaan saat ini berlokasi di Serpong, Tangerang.

Sebagai perusahaan besar, Dapur Cokelat juga memiliki filosofi sebagai mobile station, people. Filosofi Chocolate Kitchen didasarkan pada keyakinan bahwa adalah mungkin untuk berhasil menawarkan produk cokelat dan kembang gula yang inovatif dan berkualitas tinggi kepada kelompok pelanggan yang sangat beragam dengan harga yang wajar untuk memenuhi semua selera.

Masakan cokelat juga terkena dampak pandemi COVID-19, yang telah mempengaruhi banyak bidang kehidupan. Ermey Trisniarty juga harus mengevakuasi antara 30 hingga 40 karyawannya. Ia mengaku sudah tiga hari tidak tidur karena perlu membicarakan keputusan sulit tersebut.

"Saat itu 2020 lalu, saat usia Dapur Cokelat berusia 19 tahun, dipaksa berinovasi menghadapi dua badai besar, salah satunya dipaksa beralih ke platform digital," kata Ermey.

Meski dihantam pandemi, Ermey masih bisa bertahan dengan berinovasi salah satunya membentuk produk cokelat siap masak yaitu Pemix yang dilengkapi resep asli Dapur Cokelat. Produk terbaru ini lahir karena banyak pelanggan yang takut ke luar rumah, termasuk ke toko Dapur Cokelat.

Berkat kesuksesan Dapur Cokelat, Ermey Trisniarty berhasil menyabet sejumlah penghargaan salah satunya sebagai inspirasi kartini modern hingga perempuan inspirasi Indonesia 2019, versi IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia). Kemudian pada tahun 2019 Ermey dipercaya menjadi official partner open house Istana Negara Republik Indonesia.

Itulah kisah inspiratif pemilik Dapur Cokelat yang terus tumbuh di usianya yang sudah 20 tahun. Semoga bermanfaat! 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut