Berbicara tentang UMKM, lanjutnya, setelah menghasilkan sebuah produk tentu seorang pengusaha harus melakukan pemasaran.
“Kita bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, instagram, youtube atau marketplace seperti shopee, lazada, tokopedia, bukalapak dan yang lainnya. Inilah inovasi yang bisa dimanfaatkan dalam pemasaran produk, sehingga kita tidak perlu mendatangi pasar atau mendatangi satu-persatu konsumen, cukup duduk diam di rumah, kita bisa menghasilkan dan membantu perekonomian keluarga,” katanya.
“Belitung terkenal akan wisata ini juga bisa menjadi peluang bagi pelaku UMKM karena setiap orang yang datang berwisata 55% sudah pasti akan mencari makanan kuliner buatan Belitung” ucapnya lagi.
Hal ini menjadi peluang masyarakat berkreasi dalam pengembangan UMKM, dan pada saat wisatawan akan kembali pulang, kata Pak Boim, tentu tidak lupa dengan oleh-oleh sehingga ini menjadi peluang bagi pelaku UMKM dalam menciptakan produk yang bisa menarik minat wisatawan.
“Maka dari itu, jika seorang bisa melihat peluang Belitung sangat memiliki potensi dalam mengembangkan pengusaha-pengusaha kecil yang ingin berkembang,” ucapnya.
Editor : Muri Setiawan