get app
inews
Aa
Read Next : Bagaimana Nomor Atom Unsur-unsur dalam Satu Golongan? Temukan Jawabannya di Sini

Apa Itu Senyawa Alkana? (Pengertian, Rumus, Tata Nama dan Contoh Penggunaan)

Jum'at, 20 Januari 2023 | 20:20 WIB
header img
Mengenal lebih jauh Senyawa Alkana, pengertian, tata nama, rumus serta contoh penggunaannya bisa kamu simak di artikel kali ini. Foto: Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Apa itu Senyawa Alkana? Penjelasannya dapat kamu simak pada artikel kali ini, berikut dengan tata nama, rumus dan contoh-sontohnya. Memahami senyawa alkana adalah hal penting bagi kamu para pelajar sekolah menengah umum (SMU), karena senyawa ini dipelajari pada mata pelajaran Kimia.

 

Tanpa berpanjang lebar, yuk kita belajar bersama tentang senyawa alkana, yang telah kami rangkum dari edumasterprivat.com, Jumat (20/1/2023).

Pengertian Alkana

Alkana adalah sejenis senyawa hidrokarbon, yang memiliki ikatan tunggal serta rantai karbon yang panjang. Senyawa hidrokarbon yakni unsur atom yang terdiri dari senyawa hidrogen dan karbon. 

Senyawa alkana mempunyai tingkat kelarutan disebut non polar, alias tidak dapat larut jika dimasukkan ke dalam air. Sebaliknya, ia gampang larut pada larutan organik. 

Berbeda dengan alkuna dan alkena, yang memiliki ikatan rangkap 2 dan rangkap 3. Alkana memiliki jumlah ikatan karbon kovalen terbatas. Alkana dikenal juga sebagai hidrokarbon dengan kandungan tak jenuh. 

Ikatan tunggal pada alkana membuat partikel atom yang berdekatan saling terhubung hingga membentuk sebuah lingkaran tetrahedral dan sigma. Dari pusat lingkaran tersebut, terciptalah rotasi yang berputar secara bebas.

Secara umum, senyawa alkana banyak digunakan untuk kegiatan di pabrik atau industri, seperti sebagai bahan bakar mesin petrokimia. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut