get app
inews
Aa Read Next : Rajin Minum Air Putih, Dapat Menghindari Serangan Jantung

Mengenal Sifat-Sifat Air, Mulai dari Mengalir ke Dataran Rendah sampai Menekan ke Segala Arah

Selasa, 10 Januari 2023 | 21:27 WIB
header img
Sifat-sifat air bisa kamu ketahui dari dalam artikel ini. Foto: Istimewa.

7. Menempati Ruang

Menempati ruang adalah sifat yang dimiliki oleh air selanjutnya. air merupakan benda yang sangat fleksibel. Artinya, air dapat dengan mudah berubah bentuk sesuai dengan wadah yang menampungnya.

Sifat ini merupakan sifat yang unik yang dimiliki oleh air dan bahkan tidak dimiliki oleh benda padat. Kita dapat mengamati sifat ini pada air yang ada di dalam gelas, botol, ember, dan lain sebagainya. Maka apabila kita memasukkan air ke dalam wadah apapun, tidak akan pernah terjadi bahwa lubang wadah tersebut tidak cukup untuk dimasuki air.

Sekecil apapun lubang wadah pasti akan bisa dimasuki oleh air karena sifatnya yang menempati ruang.

 

8. Dapat Melarutkan Beberapa Zat

Sifat unik yang dimiliki oleh air lainnya adalah bahwa air dapat melarutkan beberapa zat. Sifat ini merupakan sifat terkenal yang dimiliki oleh air. Dan sifat ini pula dapat kita temui dala peristiwa sehari- hari. sifat air yang demikian juga sangat sering dimanfaatkan oleh manusia.

Sifat air yang dapat melarutkan beberapa zat seringkali kita buktikan dalam peristiwa sehari-hari, yakni apabila kita membuat minuman atau masakan. Rasa air yang tawar atau tidak ada rasanya, akan berubah mejadi manis apabila telah ditambahkan gula dan diaduk- aduk.

Demikian halnya apabila air dimasuki garam maka akan terasa asin setelah kita mengaduknya. Dan apabila kita telah mengaduk- aduk gula maupun garam maka wujud zat yang dimasukkan (gula atau garam) tersebut akan perlahan- lahan menghilang dan melebur menjadi rasa.

Selain rasa, kita juga bisa memperhatikan melalui warna. Saat kita menambahkan zat warna ke dalam air, maka air yang semula berwarna jernih akan menjadi keruh karena lelehnya zat warna tersebut. Contoh- contoh tersebut merupakan contoh sifat yang dimiliki air yakni air dapat melarutkan beberapa zat tertentu.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut