get app
inews
Aa Read Next : Rajin Minum Air Putih, Dapat Menghindari Serangan Jantung

Mengenal Sifat-Sifat Air, Mulai dari Mengalir ke Dataran Rendah sampai Menekan ke Segala Arah

Selasa, 10 Januari 2023 | 21:27 WIB
header img
Sifat-sifat air bisa kamu ketahui dari dalam artikel ini. Foto: Istimewa.

5. Memiliki massa

Sifat yang dimiliki oleh air selanjutnya adalah memiliki massa atau berat. Massa atau berat memang merupakan sifat yang dimiliki oleh semua jenis benda, dan hal ini tidak terkecuali oleh benda cair termasuk air.

Pembuktian dari sifat ini adalah dengan membandingkan antara ember kosong dan juga ember yang terisi dengan air. Maka apabila kita mencoba mengangkatnya, kita akan bisa mengetahui perbedaannya. Ember yang terisi air tentu saja akan lebih berat daripada ember kosong yang tidak diisi dengan air.

Selain ember, masih ada bahkan banyak sekali wadah yang berat karena terisi oleh air, seperti galon, drum , dan lain sebagainya.

 

6. Mempunyai Sifat Kapilaritas

 Ciri khas dari air yang terkenal adalah memiliki sifat kapilaritas. Apabila kita mendengar mengenai kapilaritas ataupun kapilarisasi maka sangat identik dengan air.

Kapilaritas merupakan sebuah gaya. Air dapat bergerak menuji ke atas melawan gaya gravitasi Bumi melalui gaya kapilaritas. Jika sebelumnya kita telah mengetahui sifat air yang dapat mengalir dari tempat tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah, maka air juga mempunyai gaya yang dapat melawan gaya gravitasi itu sendiri.

Gaya yang dimiliki oleh air untuk melawan gravitasi disebut dengan kapilaritas. Untuk membuktikan adanya sifat ini, kita bisa mengamati dari ujung kain yang terkena air. Jika hanya ujung kain yang terkena air maka air tersebut lama kelamaan akan membasahi bagian kain yang lainnya, meskipun berada di tempat yang lebih tinggi.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut