get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Sifat-Sifat Air, Mulai dari Mengalir ke Dataran Rendah sampai Menekan ke Segala Arah

Rajin Minum Air Putih, Dapat Menghindari Serangan Jantung

Senin, 30 Agustus 2021 | 12:12 WIB
header img
Minum air putih.

JAKARTA, lintasbabel.id - Manfaat minum air putih delapan gelas sehari, bisa menurunkan risiko gagal jantung 25 tahun kemudian. Hasil studi terbaru yang dipresentasikan pada 24 Agustus di European Society of Cardiology Congress 2021 mengatakan. 

"Menjaga hidrasi tubuh dengan baik dapat memperlambat atau bahkan mencegah perubahan di dalam jantung yang menyebabkan gagal jantung," kata penulis studi Natalia Dmitrieva, seorang peneliti di National Heart, Lung, and Blood Institute, bagian dari National Institutes of Health (NIH) di Bethesda, Maryland dilansir dari Everyday Health, Senin (30/8/2021). 

Temuan ini menunjukkan bahwa setiap individu perlu memperhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi setiap harinya dan memahami risiko jika ternyata minum air putih terlalu sedikit setiap hari.

National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine merekomendasikan jumlah minum untuk pria adalah 15,5 gelas (3,7 liter) dan untuk perempuan 11,5 gelas (2,7 liter) per hari.

"Itu semua termasuk minuman apapun, tidak hanya air putih, bahkan makanan yang mengandung cairan," tambah laporan tersebut.

Untuk mengukur apakah tubuh Anda cukup terhidrasi atau tidak, peneliti menggunakan pengukuran kadar natrium dalam tubuh. Jadi, jika semakin kecil kadar natrium, maka tubuh Anda cukup terhidrasi , dan jika kadar natrium dalam tubuh tinggi artinya Anda butuh banyak air.

"Tes ini merupakan bagian dari pemeriksaan darah rutin tahunan," jelas Maria Mountis, ahli jantung dan spesialis gagal jantung di Klinik Cleveland di Ohio, yang tidak terlibat dalam studi.

"Kami menggunakan ini bersamaan dengan penanda laboratorium lain yang melihat fungsi ginjal untuk menilai status hidrasi seseorang," ujarnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut