get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

Inovatif, 5 Desa di Bangka Selatan Ciptakan Teknologi Tepat Guna

Jum'at, 25 Juni 2021 | 11:37 WIB
header img
Tim identifikasi Pemanfaat Teknologi Tepat Guna DSPPPAPMD Bangka Selata mengunjungi desa-desa inovatif. (foto: lintasbebl.id/ Wiwin Suseno).

BANGKA SELATAN, lintasbabel.id - Warga di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil ciptakan sejumlah teknologi tepat guna. Teknologi tersebut, mulai dari alat pembasmi tikus hingga alat perontok padi.

Inovasi tersebut, digagas oleh lima desa di Bangka Selatan masing - masing Desa Rias, Gadung, Jeriji, Bukit Terap dan Payung.

Warga Desa Rias berhasil menciptakan alat pembasmi tikus sistem listrik. Hidran PAM oleh masyarakat Desa Gadung, alat semprot menggunakan baterai dibuat masyarakat desa Jeriji. 

Ada pula alat penangkap ikan sungai dengan sistem tugok yang dibuat warga Desa Jeriji, alat pencabut ubi kayu diciptakan Desa Payung dan alat perontok padi oleh masyarakat Desa Bukit Terap.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPPPAPMD) Bangka Selatan, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan masyarakat, Misunder, berjanji akan melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap masyarakat desa yang berhasil membuat inovasi teknologi tepat guna tersebut.

"Dari hasil identifikasi kami ke desa-desa, setidaknya ada lima desa yang masyarakatnya berhasil membuat inovasi teknologi tepat guna dan ini akan terus kami dampingi dan berikan pembinaan," katanya, Jumat (25/06/2021).

Salah satu inovasi teknologi yang ditemukan masyarakat tersebut kata dia, akan diikutsertakan dalam lomba teknologi tepat guna di tingkat provinsi.

"Untuk alat pencabut ubi kayu di Desa Payung akan kami ikutsertakan dalam lomba teknologi tepat guna tingkat provinsi, supaya jika nanti jadi juara bisa dikembangkan oleh pemerintah," ujarnya.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut