get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Disparbudkepora Bantu Mengajar di Sekolah Perempuan Sekuntum Melati

Rabu, 15 Desember 2021 | 08:31 WIB
header img
Wisuda Sekolah Perempuan Sekuntum Melati di Bangka Barat. (Foto : ist).

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Sebanyak 11 Dinas terlibat dalam Sekolah Sekuntum Melati yang siswanya di wisuda di Desa Pangkal Beras, Kecamatan Kelapa, Bangka Barat, Selasa (14/12/2021). Salah satu dinas yang terlibat yakni Disparbudkepora Bangka Belitung.

"Ada 11 Dinas di Provinsi yang terlibat dalam sekolah ini, salah satunya Disparbudkepora Babel. Kami mengajarkan materi tentang Tata Rias Penganten Bangka Belitung atau yang sering di sebut Tata Rias Pengantin Paksian,” ujar Kasie Kebudayaan dan Kesenian Tradisional Disparbudkepora Babel, Pupung Samayanti, usai acara wisuda siswa Sekuntum Melati.

Menurutnya, materi itu diberikan agar ibu-ibu di Desa Tanjung Gunung dan Desa Pangkal Beras diberikan keterampilan tentang tata rias. 

“Nantinya kami berharap perempuan di dua desa ini memiliki dasar tata rias, akhirnya bisa membuka peluang usaha tata rias pengantin (contok)," kata Pupung.

Pupung selaku pengajar di Sekolah Perempuan Sekuntum Melati, mengatakan Sekolah Perempuan ini untuk menjadikan perempuan di desa menjadi terlatih dan mandiri.

Pupung yang juga pencipta lagu Sekuntum Melati, dan dinyanyikan pada acara wisuda tersebut, menyebutkan, Sekolah Perempuan Sekuntum Melati juga bisa memberikan semua materi itu dalam 3 bulan dengan 60 orang siswa dari Desa Tanjung Gunung dan Pangkal Beras 53 orang siswa yang ingin meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sementara Kepala Disparbudkepora Babel Suharto ikut menghadiri Wisuda Sekolah Perempuan Sekuntum Melati Angkatan ke-2 tahun 2021 di Desa Pangkal Beras mengungkapkan, Sekolah Sekuntum Melati yang digagas oleh Melati Erzaldi ini sudah menghasilkan wisudawati sebanyak 2 angkatan, yang sebelumnya angkatan Pertama dari Desa Jelutung dan Rukam.

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut