get app
inews
Aa Read Next : Pendaftar PPDB Tingkat SD dan SMP di Bangka Barat Sudah 4.865 Siswa

Program Yayasan Esa Sinergi Ausbildung Terbuka untuk Siswa Babel

Selasa, 13 Juli 2021 | 16:16 WIB
header img
Peserta program Yayasan Esa Sinergi Ausbildung dari Bangka Belitung yang akan bekerja ke Jerman.

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Kepala Dinas Pendidikan Babel, Muhammad Soleh mengatakan bahwa program ini merupakan peluang bagi siswa Babel kalau ingin melanjutkan kuliah ke Jerman melalui program kuliah sambil magang. 

"Selain itu, program ini juga menjadi peluang bagi negara Asia agar bisa masuk Eropa melalui jalur pendidikan sekaligus bekerja," ujarnya. 

Yayasan Esa sendiri adalah sebuah lembaga bahasa yang melatih bahasa Jerman dan keterampilan dalam kepemimpinan. Yayasan ini bekerjasama langsung dengan Jerman. Siswa yang telah dilatih, akan dikirim ke Jerman untuk magang, dalam arti kuliah sambil bekerja. Siswa kemudian dilatih lancar berbahasa Jerman serta keterampilan dasar di lembaga ini selama 9-12 bulan, sebelum akhirnya disalurkan ke Jerman selama tiga tahun. Setelah itu siswa bebas untuk masuk ke 26 negara Eropa lainnya melalui visa Jerman. Siswa hanya akan dikenakan biaya selama masa pembekalan termasuk biaya visa dan tiket untuk sampai ke Jerman. 

Dirinya menambahkan, pendidikan dari program Yayasan Esa Sinergi Ausbildung tidak menghasilkan kesarjanaan ataupun gelar sarjana, melainkan kompetensi internasional yang dikeluarkan sertifikasinya oleh pemerintahan Jerman. Siswa-siswi yang diberangkatkan ke Jerman akan mendapatkan hak-hak yang hampir sama dengan warga Jerman seperti KTP, sehingga tidak ada pembatasan akses ke 26 negara. 

Selain itu, siswa yang bekerja sambil sekolah di Jerman akan mendapatkan uang saku sesuai dengan tempat dia bekerja. Uang saku juga disesuaikan dengan kontrak kerja dan tahun berjalan. Jadi, setiap tahun akan mendapatkan uang saku berbeda-beda. 

“Ausbilding menggabungkan dua sistem, di mana selama 3 tahun anak didik yayasan mendapatkan pelajaran secara ilmu pengetahuan keterampilan teknik profesional, yang artinya mereka tidak sekedar lulus melainkan siap kerja secara profesional di tingkat nasional,” tambahnya. 

Namun, untuk memasyarakatkan program ini, yayasan masih memiliki kendala yaitu, kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki masih terbatas. Padahal sebelum sampai ke Jerman, siswa ini harus menguasai bahasa Inggris, dengan begitu dapat mempermudah pembelajaran bahasa Jerman. Meski begitu Yayasan Esa Sinergi Ausbildung memberikan pendampingan dan pembekalan pembelajaran bahasa Inggris bagi mereka yang berprestasi. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut