get app
inews
Aa Read Next : Angka Kasus Pernikahan Dini di Babel dari Tahun ke Tahun Alami Penurunan 

Pemprov Soroti Tingginya Angka Perkawinan Usia Dini

Kamis, 24 Juni 2021 | 11:56 WIB
header img
Wakil Gubernur ( Wagub) Abdul Fatah saat memberikan sambutan di hadapan masyarakat Pulau Nangka, saat Harganas 2021. (Foto: Istimewa)

BANGKA SELATAN, lintasbabel.id - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28, BKKBN Meluncurkan layanan KB secara serentak untuk mencapai satu juta akseptor layanan KB di Indonesia. Sedangkan, target dari BKKBN untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kurang lebih 7.900 akseptor.

“Kunci keberhasilan ini berada di tangan bupati dan wakil bupati, apabila bupati dan wakilnya diam saja maka target pencapaian akan terganggu. Tapi percayalah dengan kerja sama dan koordinasi, karena pada tahun 2020 lalu kita mampu mencapai target yang ditentukan oleh BKKBN,” ujar Wakil Gubernur ( Wagub) Abdul Fatah saat memberikan sambutan di hadapan masyarakat Pulau Nangka, Rabu (24/06/2021).

Pada kesempatan tersebut, Wagub Abdul Fatah juga menyoroti kondisi terjadinya perkawinan usia dini yang cukup banyak sehingga, hal ini menjadi perhatian Pemprov Babel. 

Pasalnya usia perkawinan yang terjadi saat ini menjadi semakin muda, yang akan berdampak kepada berbagai aspek yang di antaranya adalah permasalahan kasus stunting yang angkanya pada saat ini masih cukup tinggi. 

Bayi di bawah 2 tahun yang terkena stunting akan memiliki tingkat kecerdasan yang tidak maksimal. Menjadikan anak rentan terhadap penyakit, dan di masa depan dapat beresiko pada menurunnya tingkat produktivitas. 

Sehingga pada umumnya stunting dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatnya kemiskinan, dan memperlebar ketimpangan.

“Kalau dulu, perkawinan usia dini berlangsung pada usia 15-19 tahun. Sekarang usia 10 hingga 19 tahun sudah menikah dan memiliki anak. Hal ini patut kita waspadai,” kata Abdul Fatah.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut