get app
inews
Aa Read Next : 7 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Alasan Berobat Sampai Saudara Nikah

Kepala SMK Negeri 5 Kota Pangkalpinang Keluhkan Minimnya Kuota Dari Luar

Kamis, 24 Juni 2021 | 06:08 WIB
header img
Koordinasi Pelaksanaan PPDB Babel secara virtual via aplikasi Zoom. (Foto: istimewa)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman, yang dianugerahi sebagai kepala daerah yang peduli pendidikan oleh PGRI tahun lalu itu, membuka sesi dialog terbuka bagi semua pihak yang bergabung. Dan, diketahuilah beberapa permasalahan yang berasal dari lapangan. 

Pertama, di Bangka Selatan terdapat pengajuan piagam Pramuka Garuda. Sejatinya, prestasi memang perlu dihargai. Namun piagam Pramuka Garuda ini menimbulkan pertanyaan dari beberapa pihak, apakah ini bisa berlaku atau tidak sebagai prestasi. Kemudian untuk Hafiz Quran berapa batas minimal hafalan yang bisa dimasukkan dalam jalur prestasi. 

”Pramuka Garuda ini bagus pak. Kalau dia aktif sekali dalam bidang ini, tentu harus kita hargai. Tapi yang perlu kita ketahui, setahu saya, piagam Garuda dikeluarkan oleh provinsi, bukan kabupaten. Selanjutnya untuk Hafiz Quran, di atas 5 juz sudah bisa dimasukan ke jalur prestasi," ungkap Erzaldi. 

Menanggapi permasalahan Piagam Pramuka Garuda, Gubernur Erzaldi menyampaikan kepada jajarannya untuk mengkroscek ulang validitas. 

Mengenai permasalahan serapan SMK, Kepala SMK Negeri 5 Kota Pangkalpinang menyampaikan minimnya kuota dari luar. Padahal seperti yang kita ketahui, SMK N 5 menjadi satu-satunya sekolah farmasi di Babel. Tentu peminatnya bukan hanya Pangkalpinang saja, sedangkan masyarakat lokal Kota Pangkalpinang, tidak semuanya mau sekolah di SMK. Seharusnya, SMK N 5 bisa menyerap SDM berkualitas dari luar kota Pangkalpinang yang benar-benar ingin belajar farmasi ini. 

“Coba ibu kepala sekolah bersama pihak Dinas Kesehatan membuat analisa tentang serapan user dari SMK 5, jika ada analisa itu maka kita bisa mengajukan untuk penambahan kuota lokal. Jadi, analisa ini bisa jadi pegangan untuk memastikan bahwa lulusan SMK N 5 ini memang langsung bisa bekerja dan sangat dibutuhkan bagi masyarakat dengan bukti serapan yang tinggi,” ungkapnya Koordinasi Pelaksanaan PPDB Babel secara virtual via aplikasi Zoom pada Kamis, (24/6/2021).

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut