get app
inews
Aa Read Next : Sekda Babel Naziarto Pensiun, Pj Gubernur Tunjuk Plh

Wacana PLTN di Babel Kembali Muncul, Pj Gubernur Babel: Listrik akan Murah

Kamis, 15 Desember 2022 | 17:39 WIB
header img
Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Indonesia memiliki segudang  sumber daya mineral salah satunya yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Mineral di Bangka Belitung, akan mendorong thorium Babel menjadi energi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). 

"Salah satu potensi kita ada lumbung energi yang berbasis Thorium ini, karena thorium itu kita punya banyak, di Bangka Belitung ini secara nasional paling banyak itu disini,"  kata Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, Kamis (15/12/2022). 

Dirjen Minerba dan Batu ESDM RI itu menuturkan harta karun Indonesia itu sejatinya dinilai layak sebagai sumber daya bahan baku untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). 

"Wacana ini sudah lama, sudah didiskusikan sana sin , memang secara teknologi  dia belum ada yang operasional, tadi saya katakan kenapa kita harus menunggu orang kesini, kita bisa juga menjadi pionir nomor satu di dunia," katanya. 

Menurutnya untuk ke depan listrik ini akan menjadi murah, itu akan memancing investor luar, masuk ke Bangka Belitung 

"Ketika dia murah nanti industri akan masuk, ketika industri masuk kita akan membuka lapangan pekerjaan, yang ujung-ujungnya adalah kesejahteraan masyarakat," ucapnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut