get app
inews
Aa Read Next : Dr Hinca Gelar Bedah Buku Save Babel di Bangka Tengah, Berisi 8 Rekomendasi untuk Prabowo-Gibran

Siswa SMP 1 Koba Raih Medali Perunggu KoPSI 2021 Tingkat Nasional

Senin, 13 Desember 2021 | 17:36 WIB
header img
Pemenang Medali Perunggu KoPSI 2021 Tingkat Nasional di dampingi Kepala Sekolah dan Pembina (Foto : iNews.id / Rachmat Kurniawan).

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Siswa SMP 1 Koba berhasil meraih medali perunggu di ajang Kompetensi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2021 tingkat nasional. Kategori perlombaan yaitu ilmu pengetahuan sosial, kemanusiaan dan seni, ilmu pengetahuan alam dan lingkungan, serta ilmu pengetahuan teknik dan rekayasa.

"Alhamdulillah, kami dari pihak sekolah sangat bangga atas prestasi anak didik ini, yang mana awalnya saya tidak menyangka karena sekolah-sekolah yang lolos dalam KoPSI tingkat nasional ini saingannya tidak main-main," kata Kepala Sekolah SMPN-1 Koba, Senin (13/12/2021).

Menurutnya, apapun kegiatan siswa yang bersifat positif pasti akan pihaknya fasilitasi, mulai dari sarana prasarana serta dana untuk kegiatan.

"Jika mereka ada niat, maka sekolah wajib mendukung, hal tersebut guna mengembangkan dan mengeluarkan potensi yang mereka miliki," ujarnya.

Pembimbing tim KoPSI SMPN 1 Koba, Try Kurnia Hapsari mengaku sangat bangga atas prestasi anak didiknya tersebut, apalagi perjuangan dan kerja keras yang mereka berikan sampai memakan waktu 7 bulan lamanya.

"Alhamdulillah rasanya sangat bangga dan mereka ini tidak susah untuk dibimbing, selalu saya katakan kepada mereka bahwa untuk mencapai final harus berusaha keras, giat dan tekun, serta jangan sampai sombong dan lengah, meski saat itu sudah mencapai 40 besar," ucapnya.

Dikatakan Try, mereka mulai memikirkan dan mendapatkan ide sejak bulan Maret dan April, kemudian mulai bergerak melakukan penelitian ke lapangan sejak Juni 2021 hingga dipersentasikan pada Desember 2021.

"Ini adalah ide kolaborasi yang awalnya berasal dari salah satu guru di SMK 2 Koba, Pak Ardian Supandi, namun untuk teknis dan lainnya dilakukan oleh murid kami yaitu Rizky Setiawan, Tsany Dzaky Al Madrid dan Viyola dengan judul penelitian Sindang Mardika : Tatanan Penjagaan Masyarakat Bangka Terhadap Penyakit Menular," tuturnya.

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut