get app
inews
Aa Read Next : Eva Algafry Lantik Ketua TP PKK Kecamatan Pangkalan Baru

TP PKK Babel Belajar Potret Si Carik Jakarta 

Kamis, 09 Desember 2021 | 13:45 WIB
header img
TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berkunjung ke TP PKK Kelurahan Bukit Duren, Tebet, Jakarta Selatan, pada hari Selasa (7/12/2021).

JAKARTA, lintasbabel.id - Sekretaris Kelurahan Bukit Duri Tebet, Jakarta Selatan, Rika Laila Puji Astuti  mengatakan, Jakarta memiliki aplikasi Carik Jakarta, yang juga dimanfaatkan untuk mengoptimalkan peran dasawisma

Carik Jakarta adalah integrasi pelayanan kesejahteraan keluarga satu pintu, melalui dasawisma yang merupakan kader PKK  DKI Jakarta. Carik Jakarta merupakan program berbasis aplikasi pendataan keluarga, yang dibuat untuk mengumpulkan data keluarga secara komprehensif dan detail, dari data kependudukan, kesehatan keluarga, ekonomi keluarga, bangunan, hingga lingkungan. 

Dengan kelengkapan data tersebut, maka akan terlihat potret kesejahteraan setiap keluarga di seluruh wilayah DKI Jakarta. 

“Carik diambil dari istilah Jawa yang artinya ‘juru tulis’. Hal ini mencerminkan tugas kader PKK atau dasawisma sebagai pendata yang menjadi ujung tombak kolaborasi pengumpulan data terpusat ini. Sejak Desember 2019, para dasawisma ini sudah bergerak untuk melakukan pendataan dengan mengumpulkan KTP, KK, hingga melaporkan kondisi keluarga secara komprehensif,” ujarnya saat menerima kunjungan TP PKK Babel, Selasa (7/12/2021).

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut