get app
inews
Aa Read Next : Cek Ketahanan Pangan Daerah, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Kunjungi Bangka Belitung

Optimalisasi Pelabuhan, Pemprov Babel Tekankan 2 Aspek Utama ke Pengelola

Senin, 12 Desember 2022 | 22:39 WIB
header img
Forum Group Discusion (FGD) tentang optimalisasi pelayanan dan pelabuhan, antara PJ Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin, bersama PT Pelindo (persero) dan PT ASDP Indonesia Ferry (persero). Foto: Lintasbabel.iNews.Irwan Setiawan

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin menekankan dua aspek terkait Optimalisasi Pelayanan dan Rencana Pengembangan Pelabuhan yang dikelola PT Pelindo (Persero) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Hal itu diungkapkannya pada Focus Group Discussion (FGD), di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur KepulauanBabel belum lama ini.

"Aspek Yang pertama logistik atau sembako, 80% bahan pokok itu dari luar, gimana caranya semaksimal mungkin ini lancar dan harganya bagus atau tidak mahal. Lalu yang kedua pelayanan publik, gimana caranya biar cepat. Karena saat mudik lebaran kemarin, masyarakat mengantri sampai 48 jam. Nah, kalau bisa itu kita atasi saat libur akhir tahun ini," kata Ridwan.

Dalam FGD ini, yang juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Kepulauan Babel Fery Insani, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Babel Asban Aris, Kepala Dinas PUPRPRKPBabel Jantani, dibahas permasalahan yang ada di lapangan, juga solusi yang perlu dilakukan pemerintah provinsi.

Seperti halnya yang disampaikan oleh GM PT Pelindo Nofal Hayin, salah satu kendala yang dialami di Pelabuhan Pangkal Balam adalah waktu operasional yang tidak 24 jam seminggu. Sehingga berimbas kepada kelancaran distribusi barang untuk masyarakat.

"Karena jam operasional yang tidak 24 jam, sehingga sering terjadi kapal yang datang itu tertahan. Terkadang kapal pengangkut barang itu sampai jam 8 malam, baru bisa bongkarnya jam 8 pagi. Sehingga ini mengganggu distribusi barang untuk masyarakat," ujar Nofal.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut