get app
inews
Aa Read Next : Muslim Wajib Tahu! Ini Larangan bagi Orang yang Ingin Berkurban, Lengkap dengan Dalilnya

Jelang Idul Adha, Pemilik Usaha Hewan Ternak Mengaku Sepi Pesanan

Rabu, 23 Juni 2021 | 20:36 WIB
header img
H. Sarmud, pemilik rumah ternak Sapi kota Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Foto: lintasbabel.id/ Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, pemilik rumah ternak sapi yang ada di kota Koba Kabupaten Bangka Tengah sudah menyiapkan sebanyak 400 ekor Sapi dan 300 ekor Kambing untuk dijual kepada masyarakat. 

"Untuk sekarang ini Sapi yang ada di kandang ada 300 ekor, tetapi rencananya akan didatangkan 100 lebih ekor. Jadi total Sapi yang disiapkan jelang Idul Adha ini ada 400 ekor. Sedangkan untuk Kambing, kita menyiapkan sebanyak 300 ekor," ujar pemilik rumah ternak sapi kota Koba, H Sarmud, Rabu (23/6/2021).

H. Sarmud mengungkapkan, pembeli Sapi di peternakan miliknya kebanyakan berasal dari masyarakat Kabupaten Bangka Tengah ataupun Kabupaten Bangka Selatan.

"Harga ini bervariasi tergantung bobot dan ukuran sapi, mulai dari termurah Rp15 juta hingga ada juga yang Rp30 juta per ekornya. Sedangkan untuk kambing dijual mulai harga Rp3 juta hingga Rp4 juta," ujar H. Sarmud.

Diakuinya, saat ini pemesanan Sapi kurban masih sepi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, bahkan ia menyebutkan ternak miliknya hanya baru menerima satu pesanan sapi kurban dari warga.

"Tahun-tahun kemarin biasanya sudah banyak yang pesan di hari-hari seperti ini, pemesanan ini paling ramai 10 hari menjelang Idul Adha. Sementara untuk harga ini  tergantung tipe dan bobot hewannya," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut