get app
inews
Aa Read Next : Walhi Babel Desak Menteri ESDM Cabut IUP PT Timah di Pesisir Laut Desa Batu Beriga

Babel akan Alami Goncangan Ekonomi jika Ekspor Timah Disetop

Selasa, 06 Desember 2022 | 16:14 WIB
header img
Kepala DJPb Babel, Edih Mulyadi. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Naziarto menyebut kebijakan penyetopan ekspor timah Babel, akan mengakibatkan terjadinya goncangan ekonomi di daerah. Kebijakan Presiden Joko Widodo tersebut yang dibarengi dengan program hilirisasi timah, belum sepenuhnya siap dijalankan pada tahun depan. 

Menurutnya, jika hulunya (pabrik) tidak disiapkan, akan memberikan dampak besar terhadap perekonomian di Babel, yang berakibat akan sangat sulit untunk berkompetisi dengan daerah lainnya. 

"Sangat berpengaruh, terkhususnya stabilitas perekonomian. Rentetannya sangat panjang. Kalau bahasa ekonominya, akan ada goncangan perekonomian," katanya. 

Hal senada juga disampaikan Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Babel, Edih Mulyadi. Pihaknya sendiri sudah membuat analisa terhadap rencana penyetopan ekspor timah. 

Dalam analisa, akan ada potensi goncangan perekonomian di Babel ketika pemberhentian ekspor timah batangan resmi diberlakukan pada tahun depan. Sebab ada risiko Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari rencana hilirisasi timah tersebut. 

"Jika serta merta dihentikan, sementara produksi dan konsumsi timah di dalam negeri masih seperti saat ini, kebijakan ini justru akan menimbulkan guncangan bagi perekonomian Babel yang sangat bergantung pada timah," ujarnya.

"Rencana pelarangan ekspor timah murni batangan ini juga akan mengakibatkan menumpuknya barang tersebut, mengingat kebutuhan di dalam negeri saat ini hanya 5 persen dari total ekspor timah murni batangan. Sehingga ada potensi penyelundupan," katanya. 

Kendati demikian, dia menilai baik wacana untuk melakukan hilirisasi timah bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian karena produk turunan dari timah, seperti kawat solder dan pelapis logam, berkali-kali lipat harganya daripada timah yang hanya berbentuk batangan yang biasa diekspor dari Babel selama ini.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut