get app
inews
Aa Read Next : Sri Wahyuni, Pegiat IKM Disabilitas dari Lubuk Besar Menaruh Inspirasi

Pendidikan Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas ala Isyarat Coffee

Sabtu, 04 Desember 2021 | 21:34 WIB
header img
Gubernur Erzaldi Rosman, ikut kongkow bersama pihak-pihak yang peduli dengan para penyandang disabilitas, dalam tajuk Ngobrol Pendidikan Inklusi (NGOPI), Sabtu (4/12/2021).

BANGKA, lintasbabel.id - Memperingati Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, ikut 'kongkow' bersama pihak-pihak yang peduli dengan para penyandang disabilitas, dalam tajuk Ngobrol Pendidikan Inklusi (NGOPI), Sabtu (4/12/2021).

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Isyarat Coffee dengan tema "Eksistensi Disabilitas di Masyarakat" itu, membahas hak-hak yang harus didapatkan para disabilitas, termasuk pendidikan. Untuk itu, Isyarat Coffee berencana menjalankan dua program sekaligus, yakni Pondok Digital dan Rumah Mengaji Alquran Darul Aqrom.

Kedua program tersebut mendapat apresiasi dari Gubernur Erzaldi saat membuka kegiatan secara virtual. Ia menyebutkan, program tersebut menjadi bukti masih banyaknya pihak yang peduli terhadap sesama, khususnya bagi penyandang disabilitas.

"Saya tidak henti-hentinya memberikan apresiasi kepada siapa pun yang memiliki keinginan membina, membimbing, terus turun membantu, serta mendampingi saudara kita, khususnya disabilitas agar mereka bisa hidup berdampingan bersama saudara lain," ujarnya.

Diungkapkan Gubernur Erzaldi, saat ini terdapat sebanyak 6.404 jiwa penyandang disabilitas di Bumi Serumpun Sebalai, dengan rincian 3.611 diantaranya laki-laki, dan 2.739 perempuan. 

Para penyandang disabilitas ini telah menunjukkan kepedulian mereka antar sesama, hingga telah melahirkan berbagai inovasi dan kreatifitas untuk mendukung aktivitas mereka.

"Saya beri contoh. Banyak sekali inovasi yang dibuat oleh kawan-kawan disabilitas. Contohnya kursi roda tiga sebagai kendaraan kawan-kawan disabilitas yang mampu dimodifikasi oleh mereka sendiri, sesuai kenyamanan mereka. Ini efektif, efisien, dan bermanfaat bagi mereka," ujarnya.
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut