get app
inews
Aa Read Next : 5 Hewan Ini Ternyata Kanibal dan Jarang Diketahui, Nomor 2 Imut dan Tak Disangka-sangka 

Hewan Berikut Ini Bisa Mengubah Jenis Kelaminnya Sendiri

Minggu, 04 Desember 2022 | 17:50 WIB
header img
Kupu-kupu, salah satu hewan yang bisa mengganti jenis kelaminnya. Foto: istimewa.

4. Ikan Badut

Ikan yang memiliki warna oranye terang dengan beberapa garis putih ini juga termasuk hewan hermafrodit. Umumnya, clownfish ini lahir dalam satu jenis kelamin tertentu, namun bisa mengubahnya jika diperlukan. Ikan badut hidup dalam kelompok yang memiliki dua anggota dewasa secara seksual, yaitu jenis jantan besar dan betina besar. Sisanya lebih kecil dan ada spesies laki-laki yang belum dewasa secara seksual. 

Apabila terjadi sesuatu pada betina dalam proses pemuliaan, pasangan jantannya akan berubah kelamin menjadi betina dan memilih jantan lain dalam kelompok untuk menjadi pasangan barunya.

 

5. Ikan Bass Laut 

Spesies Bass Laut Hitam banyak ditemui di seluruh Amerika Serikat dari Maine ke Florida Keys. Hewan ini merupakan hermaprodit protogynous atau hewan yang dapat merubah kelaminnya dari betina menjadi jantan.

Dengan jumlah populasinya yang tersebar luas, sulit bagi peneliti untuk mengamati aktivitas reproduksinya di habitat alami mereka. Namun, dalam sebuah penelitian Bass Laut di dalam tangki mengungkap bahwa perubahan jenis kelamin mungkin berhubungan dengan kebutuhan.

Jadi, apabila Bass Laut betina melihat adanya penurunan spesies jantan, maka dia akan berubah kelamin menjadi jantan. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut