get app
inews
Aa Read Next : 5 Hewan Ini Ternyata Kanibal dan Jarang Diketahui, Nomor 2 Imut dan Tak Disangka-sangka 

Hewan Berikut Ini Bisa Mengubah Jenis Kelaminnya Sendiri

Minggu, 04 Desember 2022 | 17:50 WIB
header img
Kupu-kupu, salah satu hewan yang bisa mengganti jenis kelaminnya. Foto: istimewa.

2. Ikan Elang 

Hawkfish atau biasa dikenal dengan Ikan Elang juga menjadi salah satu hewan yang bisa merubah kelaminnya. Jenis ikan berwarna cerah ini biasanya memiliki kelamin perempuan dan dapat berubah menjadi laki-laki ketika sebuah kondisi yang mengharuskannya berubah kelamin. Hal ini dikarenakan hawkfish jantan mengambil terlalu banyak betina, sehingga memaksa hawkfish betina berubah kelamin menjadi jantan. 

Satu hal yang membedakan ikan elang dengan hewan hermafrodit lain adalah bisa beralih kembali ke jenis kelamin aslinya. Jadi, ikan elang betina yang berubah menjadi jantan bisa kembali menjadi betina lagi. Tentunya hal tersebut menyesuaikan kondisi dan situasi yang ada.

 

3. Kupu-Kupu 

Tak banyak yang menyangka bahwa hewan yang dikenal dengan keindahannya ini merupakan salah satu hewan hermafrodit. Beberapa spesies kupu-kupu seperti Lycaeides menampilkan kondisi langka berupa gynandromorphism yang bisa menyebabkan sifat perempuan dan laki-laki diatur dalam satu spesies. Jadi kupu-kupu tersebut memiliki satu sisi sebagai jantan dan satu sisi lain sebagai betina. 

Umumnya, fenomena Gynandromorphism ini banyak ditemukan pada jenis serangga, burung, dan yang paling menarik adalah pada kupu-kupu. Fenomena unik ini terjadi pada satu dari 10.000 kupu-kupu.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut