Logo Network
Network

Hewan Berikut Ini Bisa Mengubah Jenis Kelaminnya Sendiri

Lutfan Faizi
.
Minggu, 04 Desember 2022 | 17:50 WIB
Hewan Berikut Ini Bisa Mengubah Jenis Kelaminnya Sendiri
Kupu-kupu, salah satu hewan yang bisa mengganti jenis kelaminnya. Foto: istimewa.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Sejumlah fenomena alam telah membuka mata manusia, serta dapat menambah pengetahuan keilmuan di dunia. Salah satunya adalah fenomena hewan yang bisa mengubah kelamin. Ada beberapa hewan yang bisa mengubah jenis kelaminnya serta ada juga hewan yang bisa menggunakan kedua jenis kelamin tersebut secara bersamaan.

Beberapa fenomena tersebut umumnya terjadi karena proses alami yang menawarkan fleksibilitas reproduksi spesies. Selain itu, ada juga faktor eksternal seperti meningkatnya suhu global sehingga membuat perubahan pada karakteristik hewan tersebut.

Dilansir dari situs Treehugger, hewan-hewan berikut ini bisa merubah kelaminnya:

1. Siput Pisang

Memiliki warna kuning cerah serta panjang sekitar 10 inci, hewan yang berbentuk seperti cacing ini merupakan hermafrodit simultan. Artinya adalah siput pisang ini tidak bisa berubah kelamin secara bergonta ganti, melainkan dapat menggunakan organ reproduksi pria dan wanita pada saat yang bersamaan. 

Siput Pisang bisa melakukan pembuahan sendiri, namun sebagian besar hewan ini memilih untuk mencari pasangan. Saat tiba musim kawin, dua siput pisang akan meringkuk dan terlibat pertukaran sperma yang masing-masing membuahi telurnya. 

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini