Logo Network
Network

Dosen FE UBB Dampingi UMKM Desa Karya Makmur Tingkatkan Kualitas SDM dan Pendapatan Keluarga

Jurnalis Warga
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 17:50 WIB
Dosen FE UBB Dampingi UMKM Desa Karya Makmur Tingkatkan Kualitas SDM dan Pendapatan Keluarga
Tim Pengabdian kepada Masyarakat PK-KM Jurusan Manajemen FE UBB foto bersama masyarakat Desa Karya Makmur, Pemali Kabupaten Bangka. Foto: Dok. FE UBB.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (FE UBB) kembali melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Pendanaan dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Tahun 2022. Kali ini kegiatan dilangsungkan di Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, dengan tema yang diusung “Pendampingan UMKM dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pendapatan Keluarga”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 4 November 2022 ini sendiri, merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh dosen, dan merupakan program dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Jurusan Manajemen Tahun 2022 pada IKU 5.


Narasumber Ibu Occa Roanisca S.P., M.Si. sedang memberikan informasi terkait teknik branding dan packaging, Pengurusan perizinan (NIB, Halal) dan Penerapan digital marketing (marketplace, social media). Foto: Dok. FE UBB.
 

Pada kesempatan kali ini, menghadirkan narasumber Ibu Occa Roanisca S.P., M.Si. Pengabdian ini memberikan informasi terkait teknik branding dan packaging, Pengurusan perizinan (NIB, Halal) dan Penerapan digital marketing (marketplace, social media).

Ibu Occa Roanisca S.P., M.Si.  menyampaikan terkait Branding dan Packaging, NIB dan Halal. NIB atau Nomor Induk berusaha adalah identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Setelah memiliki NIB, maka pelaku usaha bisa mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional sesuai dengan bidang usahanya masing-masing.

Manfaat Legalitas produk antara lain Mendapatkan akses pinjaman modal, Akses pelatihan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), Kemudahan untuk memasarkan produknya ditingkat lokal, nasional hingga global, karena pesertanya adalah pelaku UMKM yang pastinya memiliki usaha.

"Sangat penting bagi UMKM untuk mendaftarkan izin usahanya agar manfaat legalitas produk ini dapat dimiliki oleh UMKM di Desa Karya Makmur," katanya.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini